0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum.. wr.. wb

Saya seorang laki-laki. Saya mempunyai kekasih. Hampir 2 tahun kami menjalani hubungan ini. Walaupun kami sudah sempat sama sama tau pacaran itu tidak baik dan pada akhirnya dia pun ingin ber hijrah saya pun tadinya sempat tidak rela hubungan ini berakhir. Tapi lama kelamaan pun saya merelakannya. Lalu saya pun mencari cara agar tetep bisa berkomunikasi dengan yaitu dengan menjadi sahabatnya. Dia terima tapi hanya saja dia tidak suka saat saya memberi perhatian yang lebih karena kata dia saya bukan pacarnya lagi.

Apakah ada cara agar saya tetap menjadi kekasihnya selain menta’arufnya? Karena saya belum mempunyai penghasilan dan belum di restuin juga dengan orangtua nya. Mohon sarannya dan masukannya.
Terimakasih.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Alhamdulillah kalau sudah menyadarinya dan mulai berhijrah. Sebab, memang pacaran adalah aktivitas penuh maksiat. Banyak yang mengaku sayang dan cinta pada pacarnya tetapi malah diajak bermaksiat dan berdosa, apakah seperti itu yang dinamakan cinta ? Bukankah cinta itu menjaga dan melindungi orang dicintai termasuk dari berbagai maksiat.

Solusinya hanya dua, yang pertama kalau sudah siap nikahi dia dan yang kedua adalah putusin. Tidak hanya putus status pacar saja tetapi putus segala bentuk interaksi dan komunikasi. Kalau masih tetap menjalin komunikasi meskipun dengan dalih sahabatan ya tetap saja itu maksiat yang mendekatkan pada pacaran dan perzinaan. Setidaknya zina hati dan pikiran.

Kalau memang belum siap menikah manfaatkanlah waktu yang ada untuk produktif mempersiapkan diri, bekal ilmunya, juga bekal penghasilan. Soal jodoh, serahkan pada Allah Swt. Berdo’alah pada Allah agar dipertemukan dengan wanita yang terbaik menurut Allah. Tanamkan keyakinan kalau Allah tentu akan memberikan yang terbaik pada hamba-Nya yang taat dalam diri anda, InsyaAllah tidak ada lagi kekhawatiran akan kehilangan dia.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 11 =

%d bloggers like this: