Pertanyaan :

Assalamualaikum…wr…wb..

Semua orang pasti pernah khilaf dan salah, tapi bukankah Allah maha pengampun jika ia mau sungguh-sungguh bertaubat, bukankah begitu? Nah pertanyaan  saya

“Ketika Allah mempertemukan jodoh (ada yang melamar)  dan orang itu baik, pada saat sebelum terjadinya pernikahan apakah wanita itu harus menceritakan aib atau kesalahan di masalalunya? sementara ia takut laki-laki tersebut tidak menerima masalalunya, dan merasa kecewa.

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26). Saya teringat pada ayat tersebut. yang ingin saya tanyakan jika ada orang yang tidak baik dalam masalalunya dan akhirnya ia memutuskan untuk bertaubat , seperti apakah jodoh yang  akan datang? Apakah jodoh cerminan masalalunya? Atau jodoh yang baik pula karena ia telah bertaubat?

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Untuk masalah menceritakan aib masa lalu atau tidak tentu tergantung seperti apa aib dan keburukan yang pernah dilakukan. Jika aib yang pernah dilakukan memiliki dampak resiko pada pasangan setelah menikah nanti semisal bisa menyebabkan dia menyesal atau kecewa tentu lebih baik diceritakan, terus terang di awal. InsyaAllah ketika seorang hambanya sudah bertaubat dengan sungguh-sungguh Allah tak akan menyia-nyiakannya. Banyak sekali kisah para sahabat yang dulu semasa kafir dia sangat membenci Rasulullah Saw dan membenci umat muslim, setelah hijrah masuk Islam Allah pertemukan ia dengan jodoh-jodoh terbaik menurut Allah bagi dirinya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

11 + 11 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.