0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Apakah hukumnya menolak lamaran lelaki yang sudah melamar?
Apakah boleh bila waktu sudah lamaran tapi di tengah jalan tiba2 hati berkehendak lain,  dan wanita itu sudah istikhoroh memohon petunjuk,  dalam petunjuknya menginginkan utk pisah,  sedangkan orang tua tidak mendukung utk posah karena takut nama baik tercoreng.  Niat hati anak gak mau itu terjadi,  tapi sekarang sya bingung,  harus nuruti mimpi itu atau ortu?  Makasih.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr…wb..

Boleh-boleh saja, karena lamaran kan nggak harus selalu diterima kan? Yang perlu diperhatikan adalah jika lamaran sudah diterima dan tanggal pernikahan sudah ditentukan lalu minta dibatalkan, sebaiknya ini jangan sampai terjadi jika benar-benar tidak ada alasan yang syar’i. Makanya sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak lamaran pikirkan sematang-matangnya, sebab imbasnya tentu merugikan banyak pihak dan merusak hubungan baik antar keluarga.

Mimpi adalah seburuk-buruknya tanda kata Imam Nawawi, sebab terkadang mimpi kita sebagai manusia biasa ini disertai oleh ego dan nafsu. Kalau hanya sekedar mimpi dan mba tidak memiliki bukti yang kuat kalau calonnnya melakukan satu kesalahan yang fatal melanggar hukum syar’i maka tidak perlu dibatalkan.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

1 + 5 =

%d bloggers like this: