Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Saya punya tunangan, sebelum kami bertunangan, saya belum pernah dikenalkan ke orang tuanya karena alasan jauh dan takut jadi omongan orang lain (tetangga). Setelah tunangan pun belum dikenalkan. Ketika tunangan kemarin dihadiri adik org tua dan kaka-kaka nya saja. Disisi lain Orang tua saya ingin mengenal orang tua dan tempat tinggal calon menantunya. Kata calon saya, dia akan kenalkan setelah menikah. Pertanyaannya, bagaimana pendapat antum mengenai masalah saya ini? Apakah yang sebaiknya saya lakukan?

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Sebenarnya pertunangan tidak ada dalam Islam. Dalam Islam jika seorang ingin menikah bisa melakukan ta’aruf lalu kalau ada kesesuaian lamaran, menentukan tanggal pernikahan dan menikah. Adapun untuk persoalan calon suami mba yang tidak mau mengenalkan orangtuanya pada mba secara Islam pernikaha tetap sah tanpa orang tua pihak laki-laki. Akan tetapi bagi mba dan keluarga tentu perlu mengetahui dan mengenal orangtua calon suami sebagai bagian dari mengenal calon suami.

Tetapi semuanya tentu diserahkan pada mba dan keluarga apakah mau menerima kondisi calon suami seperti itu atau mengharuskan dia mengenalkan orangtuanya pada mba dan keluarga mba tentu juga bisa disampaikan pada laki-laki kalau mba hanya mau melanjutkan pernikahan jika dia mau mengenalkan orangtuanya. Semoga membantu ya.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

1 + 4 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.