Pertanyaan :

Assalamu’alaikum…wr…wb..

Bagaimana cara membatasi diri agar tidak berlebihan mencintai seorang laki-laki yang bukan mahram?
dia laki-laki yang soleh dan saya mengaguminya, terlebih saat dia memberikan nasihat-nasihat agama kepada saya yang memang minim pengetahuan agama. awalnya saya hanya kagum namun lama-lama seperti ada rindu untuk selalu berkomunikasi dan bertemu dengannya. saya selalu berusaha dan belajar untuk memberi jarak agar saya tidak terlalu larut dan lupa pada batasan-batasannya tetapi tetap saja sulit untuk menjauh darinya karena selalu ada saja alasan untuk berkomunikasi dengannya seperti hal yang tidak terduga, dia pun memberi respon yang baik.

Saya wanita yang sudah siap menikah sehingga saat dia hadir di hidup saya walau baru 2 minggu lebih, rasanya seperti “dialah jodoh saya”. mungkin itu hanya harapan belaka karena Allah yang Maha Tau apa dan siapa yang terbaik untuk saya. terimakasih. wassalamu’alaikum.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr…wb…

Cara sederhana menjaga cinta agar tidak menjerumuskan ke dalam kemaksiatan adalah dengan menyegerakan menikah. Jika memang mba sudah siap menikah tidak ada salahnya mencoba menawarkan diri agar dinikahi oleh laki-laki tersebut. Cara ini juga pernah dilakukan oleh Bunda Khadijah r.a kepada Rasulullah Saw dulu. Dan juga banyak shahabiyah yang lainnya melakukan hal ini. Asalkan caranya baik dan menyampaikan melalui perantara. Detailnya bagaimana wanita menawarkan diri lebih dahulu kepada laki-laki bisa baca disini : Cara Bijak Wanita Menawarkan Diri Terlebih Dahulu Kepada Laki-Laki. 

Sementara jika belum siap menikah maka akhiri hubungannya, dalam Islam hubungan pergaulan laki-laki dan perempuan ada batasannya, termasuk juga dalam komunikasi. Jika memang tidak butuh sekali dan bersifat darurat lebih baik tidak melakukan komunikasi sebab komunikasi-komunikasi tanpa kejelasan akan menimbulkan riak-riak di hati yang bisa membawa potensi maksiat hati. Kalau memang mba merasa minim ilmu agama dan butuh nasihat datang lansung ke majelis taklim, bergabung dengan berbagai komunitas kajian Islam belajar lansung kepada para ustadz dan ustadzah di sana InsyaAllah itu jauh lebih baik dibanding mendapat nasihat dari lawan jenis.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

1 + 4 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.