Pertanyaan :

Assalamualaikum.wr.wb.

Saya sedang menjalani hubungan dan insyaallah berencana untuk serius. Kedua orang tua kami pun menyetujuinya. Tetapai sudah satu bulan ini, pacar saya selalu membahas masalah poligami. Saya tau bahwa didalam islam, poligami itu memang diperbolehkan saya pun tidak melarang jika hal tersebut terjadi diluar lingkungan saya tapi saya tidak mau jika hal tersebut terjadi kepada saya. Dan hal ini yang membuat saya takut, walalupun dia bilang tidak untuk serius membahasnya. Yang ingin saya tanyakan, alasan atau jawaban apa yang sekiranya bisa membuat pacar saya berpikir bahwa akan ada hati yang tersakiti ..

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb…

Sebelum jauh-jauh bahas poligami, saya sampaikan dulu tentang aktivitas pacaran yang mba lakukan. Pacaran itu dilarang Islam, Allah ingatkan dalam Al-qur’an surah al-isra ayat ke 32, jangan dekati zina. Pacaran adalah aktivitas yang mendekatkan setiap pelakunya pada perzinaan. Sekecil-kecilnya maksiat pacaran adalah zina hati, zina mata, zina tangan dan lainnya. Saran kami lebih baik putus segera, hijrah ke jalan kebaikan. Laki-laki yang baik dan shaleh InsyaAllah tidak akan mau mengajak wanita untuk pacaran. Jika dia memang serius menikah maka akan lansung melamar, menentukan tanggal pernikahan.

Sementara untuk poligami itu pilihan, ada memang laki-laki yang bersemangat menjalankan poligami. Itu boleh saja karena memang disyariatkan oleh Allah Swt. Untuk wanita juga begitu, ada yang bisa menerima poligami suami dengan ikhlas dan ada yang tidak bisa. Jika mba memang tidak bisa menerima poligami dan tidak ingin suami berpoligami ya tidak usah dilanjutkan dengan laki-laki itu sejak sekarang kan belum menikah. InsyaAllah masih banyak laki-laki lain yang berkomitmen menikah dengan satu istri.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 5 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.