0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Sebelumnya kami beberapa waktu lalu pernah membahas 5 tanda-tanda penyakit hati , di kesempatan kali ini In syaa Allah kami akan mencoba mengulas tanda-tanda hati yang sehat. Perlu dijelaskan lagi maksudnya disini bukan penyakit hati secara fisik seperti liver dan sejenisnya ya, akan tetapi adalah hati yang merasa, yang mana ternyata ini lebih jauh sangat menentukan arah hidup kita dunia akhirat, karena disinilah parameter keimanan kita, parameter kedekatan kita dengan Allah, parameter ketakwaan kita pada Allah SWT. Maka sudah semesti dan selayaknya kita mengetahui apakah hati kita sakit atau sehat. Jika memang sehat, Alhamdulillah selalu jagalah agar selalu sehat, namun jika hati sakit maka segeralah obati.

“Sesungguhnya di dalam diri manusia ada segumpal darah (hati), apabila hati itu baik maka baik pula seluruh diri dan amal perbutan manusia dan apabila hati itu rusak maka rusaklah seluruh diri (amal perbuatan manusia tersebut). Ingatlah,ia adalah hati”. (Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dari Nu’man IbnBasyir ra)

Kami yakin tentu kita semua sudah hafal ya tentang hadits diatas yang menerangkan sebegitu pentingnya hati bagi manusia, jika rangkaian tubuh kita ini adalah pasukan maka hati adalah komandannya, hati adalah pemimpinnya. Berikut kita akan coba ulas satu persatu tentang ciri-ciri hati yang sehat.

1.  Banyak berdzikir pada Allah SWT

Ada yang mengatakan mulut ini layaknya teko, ia mengeluarkan apa yang masuk dan mengisinya. Jika diisi hal-hal yang baik (mendengar dan melihat) maka hal-hal baik jugalah yang akan keluar (terucap). Mungkin kita semua sering melihat ada orang yang di waktu santainya selalu menyenandungkan lagu-lagu pop atau mungkin dangdut atau musik lainnya. Jika kita tanya, maka orang tersebut secara tidak sadar menyenandungkan lagu tersebut, kenapa bisa secara tidak sadar? karena itu yang sering dia dengar.

Begitu juga ketika lisan kita terus berucap dzikir pada Allah, maka perbanyaklah mendengar dzikir, perbanyaklah mendengar lantunan ayat suci Al-quran. In syaa Allah secara tidak sadar Allah akan gerakkan lisan kita untuk menyebut asmanya baik dalam waktu senang, waktu susah atau seperti apapun kondisinya.

2. Selalu ingin merasa dekat, pasrah dan bergantung hanya pada Allah SWT

Tanda hati yang sehat yang ke-dua adalah, mencintai Allah diatas segala-galanya, menjadikan cintanya pada Allah diatas segala-galanya. Selalu ingin bermesraan, selalu ingin dekat kepada Allah, itu terlihat ketika waktu shalat adalah waktu yang dia tunggu-tunggu, selalu membasahi lisannya dengan dzikir dan selalu ingin bersama Al-quran meresapi ayat-ayat-NYA. Ketika bertemu dengan masalah atau kesulitan dalam hidupnya, ia selalu berbaik sangka pada Allah SWT, ia selalu meyakin apapun ketentuan Allah itulah yang terbaik baginya dan ia selalu menggantungkan segala masalahnya hanya pada Allah SWT.

3. Tak pernah lelah dan letih ketika tubuhnya melayani Allah

Mungkin anda pernah mendengar bagaimana Bilal bin Rabbah yang dicambuk , yang dihimpit dengan batu ditengah teriknya matahari serta ditarik dengan kuda tubuhnya. Mungkin anda juga tak akan lupa bagaimana kisah nabi Ibrahim AS ketika rela tubuhnya dibakar oleh Raja Namrud demi mempertahankan akidahnya, mungkin juga kita akan selalu ingat kisah-kisah bagaimana perjuangan Rasulullah SAW ketika diusir, ketika diasingkan, ketika diludahi, bahkan ketika ia tetap beribadah sepanjang malam hingga mata kakinya bengkak di saat Allah sudah jaminkan syurga untuknya.

Tanda hati yang sehat adalah saat dimana ia sudah begitu mencintai Allah, disaat dimana ia sudah tidak memiliki letih dan lelah lagi berjuang untuk melayani Allah, apakah itu menyiarkan syiar islam dan tentu juga disaat beribadah pada Allah.

Itulah 3 tanda hati yang sehat, in syaa Allah tanda-tanda yang lainnya akan dibahas ditulisan selanjutnnya.

%d bloggers like this: