0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Tentu teman-teman sudah tau kan kalau ramadhan adalah bulan perubahan? jika belum bisa baca dulu tulisan sebelum ini Ramadhan bulan perubahan .

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”. (Al Fath:1).

di perkuat oleh hadist :

“…Dia adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, serta paripurnanya adalah pembebasan dari neraka…” (HR. Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya)

inilah  target utama (al-Ghoyah) Allah SWT memerintahkan puasa ialah agar meraih derajat paling tinggi (taqwa) (Q.S al-Baqarah (2:183). Karakteristik orang-orang bertaqwa ialah melaksanakan perintah Allah dengan sebaik-baiknya tanpa mengeluh, dan berusaha sekuat tenaga menjauhi larangan-larangan-Nya. Dan puasa adalah salah satu proses menuju makom ke-taqwaan.

Derajat takwa yang dimaksud ketika diraih tentu tidak hanya untuk bulan Ramadhan, tapi tetap berkelanjutan sampai 11 bulan ke depannya. Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk menginstall kebaikan dalam diri dan menjadikannya kebiasaan sehingga akan menjadi mudah dan ringan dilakukan untuk 11 bulan kedepan.

Kebiasaan baik yang sudah terinstall dalam diri harusnya menjadi SOP (Standar Operasional Procedure) untuk kehidupan sehari-hari selama 11 bulan selanjutnya. Maka agar mencapai hasil yang maksimal sudah semestinya kita menargetkan dan mengagendakan kebaikan-kebaikan yang akan kita raih selama bulan Ramadhan dan menjadikannya kebiasaan. Berikut akan kami bagikan beberapa panduan untuk membuat agenda dan target Ramadhan.

1. Tentukan 3 Target Utama yang akan diraih selama Ramadhan

3 Target adalah cara yang efektif tujuannya adalah mudah diingat dan mudah dicapai juga, tentu 3 hal ini adalah hal penting atau perubahan penting yang ingin anda capai dalam kehidupan anda, apakah terkait pencapain ibadah, pencapai target pekerjaan, prestasi, keuangan atau mungkin target pernikahan. Target yang ingin dicapai bisa juga berupa hal yang masih menjadi kekurangan kita selama ini, contohnya malas baca Al-quran, maka di bulan Ramadhan sangat cocok sekali memiliki target membaca Al-quran 1 Hari 1 Juz, atau mungkin masih suka menunda-nunda waktu shalat maka di ramadhan ini targetkan ingin shalat tepat waktu.

Contoh 3 Target utama Ramadhan :

1. Khatam Al-quran 2 Kali (2 Juz 1 Hari)

2. Shalat subuh berjamaah dimasjid Takbir pertama

3. Menulis 2 buah buku

Ramadhan adalah bulan yang istimewa, sehingga dari zaman dahulupun  para ulamapun berlomba – lomba menyetel target serta amalannya di level tertinggi di bulan ini misalnya Imam Syafi’i menghatamkan Al-Quran 60 kali ( enam puluh kali) ,dua kali dalam semalam di dalam shalat selama bulan rhamadhan.

2. Niat yang lurus

Luruskan niat, mencapai target-target yang telah ditulis hanya untuk Allah SWT semata, hanya untuk menggapai ridhonya, bukan untuk riya’, bangga-banggaan,dan lain sebagainya.

3. Komitmen dan Konsisten

Biasanya ini adalah terberat dalam meraih apapun, termasuk dalam mengejar target-target dibulan ramadhan, apalagi jika selama ini kita jarang melakukanya alias belum terbentuk habbitnya, butuh energi memang, butuh kerja keras untuk mencapainya. InsyaaAllah Allah akan mudahkan hamba-hambanya yang ingin menjadi lebih baik.

 

Ya, itulah tentang bagaimana mencapai target dibulan Ramadhan, selamat mencoba.

sumber : nurachmanku.wordpress.com

 

%d bloggers like this: