0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

Bagaimana yang harus saya lakukan, jika ada dua lelaki yang hendak melamar saya, apa yang menjadi pertimbangan saya untuk memilih salah satu dari mereka. Yang satu mantan pacar saya dan orang tua sudah kenal dengannya yang satu teman kerja tetapi orang tua belum kenal dengannya. Terimakasih
Judul Pertanyaan: Khitbah

Jawaban :

jika ada 2 laki-laki datang, sebaiknya kita lihat siapa yang  paling baik agamanya. bagaimana sholatnya, tilawahnya, apakah dia sering ke masjid, dan sebagainya.

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)

jadi pertimbangan utama adalah kebaikan agama dan akhlaq. sementara untuk pertimbangan selanjutnya, bisa tentang kesetaraan dalam hal keturunan, kekayaan, dan lain2. Jangan lupa minta petunjuk kepada Allah dan meminta pendapat orangtua demi ridho mereka.

wallahu a’lam

***

picture : http://www.3heartsproductions.com/contact.html

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

11 + 7 =

%d bloggers like this: