0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Puasa bagi umat Islam adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan hikmah yang bisa muslimah petik darinya. Terlebih lagi puasa di bulan Ramadan. Berikut ini adalah hikmah dan keutamaan puasa bagi muslimah, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Semoga menjadi motivasi untuk Ramadan kali ini, ya..

Pertama, Allah swt. telah berfirman dalam surat Al-Baqarah:183, yang artinya:

”Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” [Al-Baqarah: 183]

Melalui ayat ini Allah menunjukkan bahwa puasa adalah wajib dan perintah puasa ini telah turun pada kaum sebelumnya.  Allah menyebutkan bahwa kaum sebelumnya juga diwajibkan berpuasa tidak lain untuk menghibur orang beriman sekarang agar tidak berat hati menjalankan ibadah Ramadan, karena kaum sebelumnya pun pernah melewatinya. Inti tujuan dari berpuasa dalam ayat di atas adalah agar menjadi insan yang bertakwa, bukan hanya sekadar menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu. Takwa adalah tingkat tertinggi dalam ibadah. Maka melalui puasa, Allah melatih seorang hamba untuk bisa mengendalikan hawa nafsu agar tidak melakukan maksiat, sampai kepada tahap takwa. Masya Allah, ternyata kasih sayang Allah begitu besar kepada hamba-Nya. Mudah-mudahan kita bisa menjadi muslimah yang bertakwa.

Kedua, puasa adalah ibadah yang Allah sendiri yang langsung membalasnya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulallah saw. berkata:

“Puasa adalah perisai. Maka hendaklah seseorang tidak berkata (berbuat) keji dan tidak berbuat jahil. Dan bila ada yang mengajak bertengkar atau mencelanya, maka katakan: “Sesungguhnya saya sedang puasa” – di ulang dua kali – Dan demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, Sungguh bau mulut orang yang shaum lebih harum daripada bau kasturi di sisi Allah, ‘Dia meninggalkan makanan, minuman, dan syahwatnya karena Aku. Dan Aku sendiri yang akan membalas amalan baiknya (puasa) dan ketahuilah bahwa satu kebaikan dilipatgandakan balasannya sampai sepuluh kali lipat. ” (Muttafaq ‘alaih)

Banyak hikmah dan keutamaan puasa yang bisa Sahabat Muslimah ambil dari hadis di atas. Puasa adalah perisai yang akan melindungi diri kita dari api neraka. Bukan main pedihnya azab neraka yang tak akan sanggup kita bayangkan, apalagi kita pikul. Ternyata puasa ini adalah perisai yang berguna bagi muslimah di yaumil akhir nanti. Puasa juga membuat seseorang harus menahan nafsunya dari maksiat. Dan bau mulut orang yang berpuasa di hadapan Allah swt. seperti wangi kasturi. Dan yang paling penting adalah, puasa merupakan ibadah yang pahalanya langsung dibalas oleh Allah. Artinya, tidak ada yang mengetahui besarnya pahala setiap hamba yang berpuasa. Bisa jadi tak semua mendapatkan pahala yang sama, karena hanya Allah yang tahu betul rahasia hati dan keikhlasan seorang hamba yang berpuasa. Puasa melatih kita untuk bersabar menahan lapar dan dahaga, serta nafsu syahwat hanya karena Allah.

Ketiga, hikmah puasa secara sosial dapat menumbuhkan sikap empati kepada orang yang mmbutuhkan. Kita jadi mengetahui bagaimana rasanya lapar yang dirasakan banyak orang fakir dan miskin. Ramadan juga dianjurkan untuk banyak beribadah karena pahala yang didapatkan akan berlipat ganda, salah satunya adalah sedekah. Bulan Ramadan seharusnya bisa melatih diri dari berlebih-lebihan saat berbuka puasa, mengajarkan bagaimana berbuka secukupnya karena godaan nafsu yang begitu kuat. Juga menumbuhkan rasa syukur atas nikmat setelah berbuka karena rezeki dari Allah yang dapat kita nikmati.

Masya Allah, begitu banyak hikmah puasa yang dapat kita ambil. Semoga kamu adalah salah satu dari sekian muslimah yang meraih hikmah keutamaan puasa Ramadan. Aamiin.

Sumber : muslimah.or.idqurandansunnah.wordpress.com

%d bloggers like this: