0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Al Harits bin Kaldah, tabib Arab yang pernah mengabdi kepada Rasulullah Saw menyatakan:

”Lambung adalah tempat tinggal penyakit dan sedikit makanan adalah obatnya”.

Sejatinya berpuasa dibulan Ramadhan itu menyehatkan dan meningkatkan kesehatan, karena dalam Islam puasa adalah proses detoksifikasi (pengeluaran racun-racun) dari dalam tumbuh. Harusnya setelah berpuasa di bulan ramadhan kita semakin sehat dan bugar, namun pada kenyataannya banyak diantara kita yang malah mendapatkan penyakit atau semakin tidak sehat selama berpuasa, beragam penyakit bermunculan seperti sariawan, panas dalam, maag , berat badan yang meningkat drastis. Setelah kami melakukan pengamatan sederhana ternyata ada 4 Hal yang menjadi penyebabnya diantaranya adalah :

1. Memakan santan dan gula bahkan terlalu banyak

Tak bisa dipungkiri hampir semua penganan berbuka puasa berbahan santan dan gula sebutlah kolak, sirup, bubur dan berbagai jenis makanan lainnya. Sementara makanan yang berbahan santan dan gula ini sangat tidak sehat bagi tubuh. Berbukalah dengan yang manis-manis seperti sabda Rasulullah SAW bukan berarti berbuka dengan yang manisnya gula seperti siru, dan sejenisnya. Akan tetapi berbukalah dengan yang manis alami seperti kurma yang Rasulullah contohkan, buah-buahan segar seperti pepaya, apel, semangka dan lainnya.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng dan ditepungin.

Gorengan apakah itu tahu goreng, pisang goreng, tempe goreng dan sejenisnya memang menjadi menu favorit selama bulan Ramadhan, bahkan rasanya buka puasa kita kurang afdal jika tidak ada gorengannya. Namun perlu diingat ini adalah sumber penyakit utama kita selama bulan Ramadhan, yang pertama adalah dari minyak goreng yang dipakai berkali-kali tentu sangat tidak sehat bagi tubuh kita, selain itu minyak goreng adalah makanan yang sulit dicerna sehingga menghambat proses detoksifikasi didalam tubuh.

Sementara tepung juga sangat tidak baik bagi kesehatan, lagi-lagi ini adalah makanan yang sulit dicerna oleh tubuh kita.

3. Kurang minum air putih

Dehidrasi adalah salah satu hal yang sering terjadi selama bulan Ramadhan disebabkan kurangnya minum air putih baik itu dari waktu sahur maupun saat berbuka. Di saat berbuka walaupun minum lebih banyak minum minuman berupa sirup, es campur dan sejenisnya. Maka ada baiknya perbanyaklah minum air putih

4. Kurang makan buah dan sayur

55 % – 78 % isi tubuh manusia adalah air, jadi tubuh sangat membutuhkan asupan air, termasuk selama melakukan aktivitas ibadah puasa, maka perbanyaklah makan buah dan sayuran segar selama puasa.

Ya, itu 4 penyebab penyakit dalam tubuh kita selama bulan puasa ramadhan, saran kami selama bulan ramadhan ada baiknya kita meninggalkan makanan bersantan, bergula, gorengan, bertepung , perbanyak minum air putih serta buah dan sayur segar. Agar proses detoksifikasi ditubuh kita berjalan dengan lancar, racun-racun yang ada dalam tubuh kita keluar sehingga setelah 30 hari berpuasa tubuh kita kembali dalam keadaan bersih , suci atau terlahir kembali mulai dari 0 kembali. Jadi yang suci bersih bukannya hati, pikiran dan amalan saja namun juga dari sisi tubuh dan kesehatan. Karena aspek ini saling berkaitan satu sama lain.

Sumber foto : www.kratonpedia.com

%d bloggers like this: