0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Apa yang sering kamu lihat dan dengar akan menjadi apa yang sering kamu pikirkan.

Apa yang sering kamu pikirkan akan menjadi apa yang sering kamu ucapkan.

Apa yang sering kamu ucapkan akan menjadi apa yang sering kamu lakukan.

Apa yang sering kamu lakukan akan menjadi kebiasaanmu.

Kebiasaan yang terus dibiasakan akan menjadi karaktermu.

Karakter yang terus dipupuk akan menentukan nasib.

Nasib tentu akan menjadi penentu masa depan juga baik itu dunia maupun akhirat.

 

Ada kutipan menarik dari Imam Asy Syahid Hasan Al Banna yang berbunyi ” Apa yang kamu alami hari ini adalah hasil dari apa yang kamu pikirkan dimasa lalu, dan apa yang kamu pikirkan hari ini akan menjadi masa depanmu” . Tentu maksudnya disini secara lebih luas adalah segala sesuatu yang kita pikirkan hari ini, yang sering kita ucapkan, yang sering kita lakukan akan membentuk masa depan kita nanti. Semua berawal dari dua aktivitas yang sangat sederhana yaitu mendengar dan melihat, tapi pengaruhnya sangat luar biasa sekali untuk masa depan kita.

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra: 36)

Dalam ayat diatas juga tertera jelas firman Allah SWT kalau kita agar menjaga pendengaran, penglihatan dan hati, diurutan pertama dari perintah Allah adalah pendengaran yang akhirnya diikuti oleh penglihatan kemudian hati. Karena memang bagaimana ucapan, sikap dan tingkah laku seseorang bermula dari apa yang sering dia dengar dan sering dia lihat sebab memang tabiat manusia suka mencontoh apa yang terjadi disekitarnya. Begitu juga sebaliknya jika ketemu seseorang melihat dari caranya berbicara, caranya bersikap, caranya berhubungan dengan orang lain kita tentu tentu bisa menebak apa yang dia dengar dan sering dia lihat. Contohnya kita naik angkot di angkot ketemu anak kecil yang omongannya gak karuan semua nama-nama binatang keluar ketika dia berbicara, kira-kira kebayang apa yang sering didengar dan dilihat oleh anak ini? , begitu juga sebaliknya ketika kita bertemu dengan seorang anak yang sangat santun, baik tingkahnya, mengucapkan salam ketika datang dan pergi, tentu dengan mudah kita juga bisa menebak apa yang sering didengar dan dilihat oleh sianak ini.

Lingkungan adalah satu kata yang menyatukan dua aktivitas yang kita soroti di awal yaitu mendengar dan melihat, baik itu lingkungan keluarga, lingkungan dia belajar, lingkungan bermain, lingkungan bekerja dan lain sebagainya. Televisi dengan berbagai tayangannya , dan musik-musik yang menyihir hati dan pikiran juga mengambil peran penting dalam mempengaruhi kehidupan kita, mempengaruhi nasib kita, anak-anak kita, adik-adik kita. Dari sekian banyak hal yang mempengaruhi diri kita tentu pada bahasan kali ini kita akan kerucutkan untuk membahas tiga saja hal yang berbahaya bagi diri kita, masa depan kita, adik-adik kita dan anak kita yaitu tontonan yang dia lihat, musik-musik yang dia dengar dan satu lagi adalah internet yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, apalagi fasilitasnya murah dan mudah.

Anda boleh setuju atau tidak, hari ini kendali hidup generasi muda dikendalikan oleh dua hal diatas, tontonan mencakup itu film-film hoolywood yang menyatukan cinta, sex dan kekerasan dalam filmnya, sinetron-sinetron yang mendidik agar memiliki gaya hidup hedonis, membangkan pada orang tua, cinta dan pacaran serta berbagai tayangan lucu-lucuan yang sangat jauh dari kesan mendidik. Musik-musik rock yang sangat keras, musik-musik melow yang bikin galau dan lagi-lagi temanya adalah tentang cinta. Dan yang terakhir cukup berbahaya adalah internet, internet ini bagaikan pisau bermata dua, bisa untuk kebaikan dan juga sebaliknya bisa juga untuk kejelekan semua hal-hal seperti film, musik, berbagai jenis pornografi bisa di akses di internet.

Jika kita lihat potret generasi muda hari ini tentu bisa kita saksikan sangat dipengaruhi oleh hal-hal diatas, Merokok, tawuran, pacaran kecanduan game, pesimis, putus asa, galau dan berbagai hal-hal aneh lainnya. Jika ini tetap dibiarkan  tentu akan berakibat fatal pada generasi masa depan anak muda kita serta ini juga bisa menentukan nasib mereka di hari nanti.

Membentengi diri bagi keluarganya, menjaga pendengaran dan penglihatan bagi kita yang masih muda yang sangat rentan akan godaan-godaan dunia adalah alternatif terbaik untuk menjaga diri, Meningkatkan kualitas ibadah, lebih giat belajar islam, mengkaji sejarah islam serta mempelajari tokoh-tokoh Islam agar tidak kehilangan sosok teladan.

Ya, sekarang saatnya saling mengingatkan lagi, karena jangan sampai masa depan kita, nasib kita dikendalikan oleh 3 hal diatas yaitu Tontonan, Musik-musik yang kita dengar dan Internet.

%d bloggers like this: