0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Kamu ikut ujian SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) 2015?, bagaimana hasilnya? lulus?.

Selamat kami ucapkan bagi yang telah lulus di kampus favoritnya, kami doakan semoga itulah yang terbaik buat sahabat semua dan bisa mengukir prestasi disana. Sementara bagi sahabat yang belum lulus, tetaplah berbahagia, jangan berkecil hati, tetap optimis menyonsong masa depanmu.

Hari ini adalah pengumuman kelulusan ujian SPMB, seperti biasa disetiap pengumuman kelulusan selalu ada dua rasa serta kondisi yang hadir. Ada yang bahagia ketika dalam pengumuman namanya dinyatakan lulus dan tentu juga ada yang merasa sedih, menyesal, galau bahkan sampai depresi karena namanya dinyatakan belum lulus dalam pengumuman kelulusan. Menyakitkan memang ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan, kecewa tentu pasti disaat impian hanya jadi sekedar impian, kesedihan itupun mungkin akan bertambah disaat yang bersamaan melihat canda tawa serta ekspresi kebahagiaan dari teman-teman yang lulus di universitas atau kampus favoritnya.

Tulisan kali ini sengaja kami hadirkan untuk sahabat semua yang mungkin gagal dalam ujian SPMB kali ini, sahabat semua yang mungkin merasa bersedih, galau, kecewa, menyesal ,pesimis serta bermacam rasa-rasa aneh tidak enak lainnya. Ada 3 Nasihat penting yang ingin kami sampaikan kepada sahabat semua terutama yang gagal ujian SPMBnya, kami yakin tulisan ini tentu tidak akan mampu mengganti penyesalan sahabat yang tidak lulus akan tetapi yakinlah jika merenunginya tentu sahabat akan menemukan secercah cahaya inspirasi yang in syaa Allah menyulut kembali api semangat dari sahabat semua. Berikut 3 Nasihat penting tersebut.

1. Evaluasi Niat

Ketika menemui kegagalan, entah kegagalan dibidang apapun itu maka hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri. Tak ada gunanyan menyalahkan pihak-pihak lain atau mencari kambing hitam atas kegagalan kita, karena itu bukan cara-cara yang dilakukan oleh pemenang, akan tetapi cara terbaik yang mesti dilakukan adalah evaluasi diri, coba lihat lagi kaca spion kita, lihat kebelakang periksa hati dan niat kita.

Apa niat kita untuk ikut SPMB? apakah hanya semata untuk sukses dunia?, apakah hanya untuk “keren-kerenan” ketika memakai almamater kampus favorit?,apakah untuk memudahkan dalam mendapatkan pacar?, apakah niat kita tulus ikhlas menjadikan belajar dikampus impian kita sebagai sebuah jalan ibadah mengabdi pada Allah SWT?, coba cek lagi apa niat kita, karena ini sangat menentukan hasil. Seandainya niat kita masih belum lurus maka bersyukurlah jika belum lulus karena bisa jadi itu cara Allah mengingatkan kita, akan tetapi jika kita merasa niat kita sudah lurus namun masih saja belum lulus maka yakinlah itulah yang terbaik menurut Allah untuk kita, tetaplah bersyukur.

2. Evaluasi ikhtiar

Nasihat yang kedua adalah evaluasi niat dan ikhtiar kita selama ini, sudahkah kita melakukan ikhtiar yang maksimal untuk meraih impian kita?, sudahkah kita melakukan ikhtiar yang maksimal dalam meraih impian kita lulus di kampus favorit?, karena bisa jadi ikhtiar kita belum sempurna, ikhtiar kita belum selaras dengan hasil yang diharapkan.

3. Evaluasi impian

Nasihat yang ketiga adalah evaluasi impian, tanya diri kita sembari berkaca ,apakah kita benar-benar menginginkan kuliah di kampus tersebut?, apakah kita benar-benar menguasai jurusan yang dipilih?, apakah kita benar-benar menyukai jurusan yang dipilih?, apakah kita benar-benar yakin ini adalah yang terbaik untuk masa depan kita?.

Jika kita benar-benar yakin dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas maka tidak ada salahnya untuk memperjuangkan lagi impian tersebut ditahun depan, bahkan kami punya beberapa sahabat yang benar-benar komitmen ingin lulus di ITB dan untuk mendapatkan impiannya ia rela mengulang ujian beberapa kali dan tentu menunda waktu kuliahnya, mengisinya dengan persiapan-persiapan yang lebih matang untuk menghadapi ujian selanjutnya.

Ya, itulah 3 nasihat berharga untuk sahabat semua, camkan dan pahamilah bahwa tidak ada kegagalan yang ada hanya penundaan terhadap sebuah kesuksesan. Selalu optimis, yakin dan tetap semangat. Jangan sampai sahabat semua terlalu larut dalam kesedihan, depresi atau bahkan frustasi hanya gara-gara tidak lulus SPMB, ingat segala penyesalan tidak akan mengubah keadaan tapi hanya akan memperburuk kondisi

Sumber foto : www.selasar.com

%d bloggers like this: