0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Oleh : Depri Mantias Suryana. CEO Debusana.com

Materi 1 – Persiapan Akun

Kita perlu install aplikasi shopee, jadi bisa install dulu di tautan ini ya untuk android ikuti tautan ini atau bisa langsung search Shopee di Google Play. Kemudian harus daftar dengan email, gunakan email yang valid untuk proses validasi akun, setelah mendaftar wajib validasi email dan nomor hape, karena hanya seller yang valid saja verifikasinya yang bisa ikut program subsidi ongkir

Lalu karena kita hendak menggunakan shopee sebagai sarana berjualan jadi perlu mendaftar lagi sebagai seller agar mendapat subsidi ongkir, subsidi ini yang menjadi daya tarik paling kuat pembeli berbelana via shopee.

Cara agar terdaftar dan mendapat subsidi ongkir, masuk ke tab notifikasi lalu scroll down ke paling bawah biasanya terdapat pengumuman Program Gratis Ongkir, bagi seller yang belum terdaftar bisa ikuti petunjuk yang tertera, siapkan foto closeup sambil memegang KTP, foto harus jelas terbaca, jika menu ini tidak ditemukan hubungi pihak Shopee melalui email [email protected] biasanya proses pendaftaran membutuhkan 1 s.d. 2 hari kerja.

Dahulu menu untuk mendaftar diberikan terbuka dan lebih mudah, kalau sekarang sepertinya agak dipersulit dan disembunyikan, terakhir saya mendaftarkan akun baru untuk menjual efektif lewat email, jika belum ada perubahan seharusnya masih works dengan cara di atas ya.

Lalu shopee bisa diakses dari browser mobile dan desktop/laptop, untuk seller bisa login dari tautan berikut ini. Di dalam Seller Center kita bisa proses semua order dengan akses yang lebih lengkap, pengaturan promo diskon dan voucher hanya bisa dilakukan melalui Seller Center saja, program FlashSale juga hanya bisa diakses dari sini

QnA Materi 1

Q1 : Nama toko ga bs diubah ya?
A1 : Nama toko bisa diubah tetapi nama URL nya tidak bisa diubah, jadi pastikan sudah fix ya untuk URL tokonya. URL itu misal https://shopee.co.id/debusana . Nama URL jadi image profesionalitas sih, sebaiknya dipikirkan baik-baik sebelum diset simpan

Q2 : Klo kita punya2akun shopee,bisa pakai 1 nmr rekening bank tdk?
A2 : Bisa tetapi tidak direkomendasikan, sebaiknya dipisah-pisah, shopee makin ketat untuk saat ini, baru saja kemarin ada warning pembatasan untuk akun-akun yang dicurigai melakukan penyalahgunaan.

Materi 2 – Navigasi Halaman App

Beranda

  • Banner promosi dari shopee
  • Pencarian populer
  • Flash sale
  • Baris logo untuk brand terdaftar di shopee mall
  • Produk populer
  • Kategori produk
  • Rekomendasi

Timeline

Berisi rekomendasi shopee dan aktifitas akun lain yang kita follow, rekomendasi yang muncul di sini ditampilkan berdasarkan aktifitas pencarian dan browsing yang pernah kita lakukan sebelumnya, bagi seller timeline ini penting untuk memantau kompetitor, jadi pastikan kita follow akun-akun tertentu yang relevan

Mall

Berisi toko-toko official store atau branded product yang mendapatkan penawaran dan dipercaya oleh shopee, toko-toko ini bisa berpartisipasi dalam flash sale dan seringkali mendapat badge jaminan termurah, untuk bisa bergabung bisa menghubungi lewat email, tidak ada persyaratan yang dipublikasikan oleh shopee terkait cara bergabung ini, sebagian besar bisa masuk ke mall karena close recruitment yang dilakukan oleh shopee. Untuk mall ini tidak harus branded ya, ada kok toko online biasa yang produknya amburadul bisa masuk

Notifikasi

Berisi update info terkait promo shopee spesifik yang terkait dengan akun kita dan juga notif terkait penjualan dan pembelian, sering-sering cek bagian ini untuk update penawaran khusus dan update shopee. Bagian notifikasi ini sering-sering ditengok ya, banyak info penting. daftar subsidi ongkir dan update shopee penting banget di sini, misal cek seller of the month, jadi bisa riset dan belajar dari mereka.

Saya

  • Profil Pic dan Cover Toko
  • Setting di pojok kiri atas (gear icon)
  • Tab Beli dan Jual
  • Tab Beli
  • Belanjaanku
  • Favoritku
  • Terakhir dilihat
  • Shopee Pay
  • Koin Shopee Saya
  • Penilaianku
  • Akun Saya
  • Bantuan
  • Tab Jual
  • Penjualanku
  • Tambah produk baru
  • ShopeePay
  • Penghasilanku
  • Jasa Kirimku
  • Penilaian Toko
  • Performa Toko
  • Asisten Penjual
  • Bantuan
  • Daftar Produk
  • Produk
  • Ukuran foto
  • Judul produk
  • Deskripsi produk, rules toko, dll
  • Tambah Hashtag
  • Kategori produk
  • Merek
  • Asal produk
  • Bahan
  • Variasi
  • Berat
  • Kondisi
  • Grosir
  • Ongkos Kirim
  • Preorder
  • Social Share (FB, Twitter, FP)
  • Promoku di Halaman Produk
  • Voucher
  • Diskon %
QnA Materi 2

Q3 : Bagaimana caranya bisa terdaftar di shopee mall?
A3 : Tidak ada pengumuman terbuka mba, harus hubungi langsung, teman-teman saya yang berhasil masuk karena ditelpon langsung oleh pihak shopee, saran saya coba kirim email. Namun sepertinya ada syarat seperti memiliki website dan mengelola akun socmed yang cukup besar, karena kebanyakan toko online non-branded yang saya pantau bisa masuk ke mall itu sudah eksis

Materi 3 – Pembayaran, Pencairan Dana dan Proses Pengiriman Barang

Pembayaran konsumen akan masuk ke rekening Shopee dan ditahan sampai dengan batas waktu pencairan atau instan jika konsumen melakukan konfirmasi penerimaan barang, pembayaran ini akan diakumulasikan di akun ShopeePay, cara pembayaran konsumen ke Shopee ada banyak, yang populer dengan transfer bank, ada yang dicek otomatis dan ada yang manual, bedanya yang dicek otomatis lebih cepat proses validasi pembayarannya sehingga notif pengiriman akan lebih cepat diterima seller, bisa juga bayar lewat Indomaret bagi konsumen yang tidak terbiasa dengan transfer.

Tombol konfirmasi terima hanya muncul setelah resi di input atau sukses di pickup/dropcounter, resi harus valid ya, jangan coba-coba pakai resi palsu karena kalaupun berhasil di input biasanya nilai ongkirnya tidak akan cair, khusus J&T harus pastikan status order berubah esok harinya setelah sukses pickup/dropcounter

Oya untuk pengiriman selain J&T ongkir akan dibayarkan dulu oleh seller, sistemnya reimbursement ongkir akan diganti dan dibayarkan Shopee ke seller setelah barang dikonfirmasi terima, sedangkan J&T sistemnya pickup atau drop counter di mana seller tidak perlu bayar ongkir cukup serah terima paket ke J&T, karena itu pengiriman menggunakan J&T akan otomatis memberikan nomor resi ketika opsi pickup atau drop counter dipilih, catatan tambahan untuk order J&T harus sertakan nomor resi dan nomor order di atas paket, bisa ditulis manual atau print dari menu di seller center, nomor order Shopee cukup panjang 10 s.d. 12 digit sedangkan resi J&T biasanya dimulai dengan huruf JS00

Pickup >> sprinter J&T akan datang ke alamat seller dan mengambil paket DropCounter >> seller membawa paket ke drop point terdekat.

Pencairan dana dari ShopeePay ke rekening bank membutuhkan seller untuk membuat pin 6 digit dan menambahkan rekening bank ke dalam akun, proses penarikan dana ke rekening membutuhkan waktu 1×24 jam minimal, akan ada notifikasi jika penarikan sukses dilakukan

Jika seller menolak order yang telah dibayarkan maka pembayaran akan masuk ke ShopeePay konsumen, jadi seller perlu edukasi cara penarikan dana ke konsumen

PS: beberapa kali terjadi status pengiriman tidak berubah padahal resi sudah berhasil di input, jika ada masalah seperti ini solusinya perlu hubungi CS di menu bantuan

Materi 4 – Tips Optimasi

  • Follow Official FP Shopee dan bergabung di forum Kampus Shopee, banyak tips dan sharing di sana
  • Buat Harga Berjenjang, misal untuk warna ttu diberi harga lebih murah dari warna lainya, bisa juga membuat variasi di produknya untuk jasa packing atau asuransi dsb lalu set dengan harga murah, misal 1-5k, dengan begini harga tertera produk pada aplikasi akan tertulis dalam bentuk rentang, misal Rp1.500 – Rp 25.000, pembuatan harga seperti ini akan lebih sering memunculkan produk kita di paling atas ketika buyer melakukan filter harga termurah
  • Upload Produk yang sama dengan berbagai angle kata kunci dan gunakan foto yang berbeda untuk cover produknya, misal produk manset bisa diberi judul “manset” atau “daleman” atau “inner” atau “handshock” dsb-nya
  • Gunakan teknik Diskon dan Voucher dari Seller Center 10 s.d. 25% dari harga sesungguhnya yang mau kita jual, agak sedikit ga enak kalau hanya untuk pancingan tetapi diskon memang ampuh dan membuat halaman produk kita lebih menarik
  • Gunakan harga grosir dan syarat pembelian untuk produk yang serupa, dapat dikombinasikan dengan angle kata kunci yang berbeda, misal Produk A dijual dengan harga Rp50ribu tetapi di keterangan diberi info Buy1Get1, lalu produk A’ yang sama tetapi diberi foto berbeda dijual dengan harga Rp25ribu namun syarat minimal pembelian adalah 2pcs
    PS: jika menggunakan judul produk yang sama pastikan fotonya berbeda atau bahkan nama akun nya yang berbeda, padahal toko kita juga, tujuannya adalah untuk memberikan bias informasi seolah produk A’ lebih murah, jika menggunakan strategi nama toko yang berbeda bisa jadi lebih efektif dan menggusur listing kompetitor di hasil pencarian yang sama, tipe konsumen berbeda-beda ada yang suka harga murah dan ada juga yang lebih percaya kualitas, garap semuanya!
  • Kelompokan produk sejenis di dalam kategori yang sama, bisa dilakukan dari halaman Seller Center, ini seperti fitur etalase di Tokopedia
  • Gunakan jatah push dan variasikan produk yang di push setiap waktunya, jangan yang itu-itu saja, ada tools/bot untuk ini tapi saya belum uji dan tidak bisa rekomendasikan, bahkan ada kawan saya yang sampai menyewa jasa freelancer untuk sekedar push manual
  • Lakukan following ke calon konsumen, karena konsep Shopee adalah SocialMarketplace sehingga terdapat fitur following/unfollowing layaknya Instagram, lakukan following ke calon target sehingga mereka sadar dengan keberadaan toko kita, harapannya jika mereka suka dengan bio dan koleksi toko maka mereka akan folback, aktifitas following ini bisa dilakukan manual atau dengan bantuan script automation (iMacros) (https://youtu.be/YL6makjmTMI)
  • Berikan gift atau penawaran memikat di deskripsi produk, misal free hijabclip bagi yang order selama periode bulan ini
  • Riset kompetitor di kata kunci dan rentang harga yang serupa, lalu buat penawaran yang lebih kompetitif
  • Riset para pemenang Seller of the Months dan ATM
  • Rajin baca term dan aturan Shopee, jelajahi menu bantuan dan FAQ nya
  • Gunakan ShopeeAds
  • Spamming komentar, beresiko!
QnA Materi 4

Q4 : Penasaran dengan Jasa freelance push. Ratenya kisaran berapa bang? 😁
A4 : untuk 3 akun 25 hari kerja, 3 push per jam, mulai dari 500ribu

Q5 : Imacros untuk followers mas? Bukan untuk upload atau download produk yah
A5 : Imacros sejatinya software otomatisasi mba, jadi bisa dilakukan untuk aktifitas apa saja di komputer. Ada link youtube bagi yang mau pelajari lebih lanjut otomatisasi following ya
Q5 : Amankah om?
A5 : Nah sebaiknya jangan ke akun utama, tapi ke akun kloningan saja, mulai ketat sih, kemarin ada term untuk spam komentar, untuk following masih belum ada tanda-tanda dilarang
Q5 : Imacros itu cuma bs berjalan kalo laptop dalam keadaan menyala dan online ya?
A5 : Benar mba, harus nyala terus

Q6 : Mau tanya mas, optimasi hashtag ada tipsnya?
A6 : Sejauh ini masih sama dengan instagram sih mba tips optimasinya, sayangnya saya belum tau tools untuk riset hastag mana yang paling banyak digunakan di shopee, karena data penggunaan hashtag ini penting untuk optimasi. Kalau tips dari saya gunakan katakunci yang relevan dan konsisten, buat kelompok kata kunci untuk hashtag minimal 10 kelompok, tiap kelompok di isi 20 hashtag. gunakan setiap kelompok hashtag tersebut ke setiap produk kita secara bergilir.
Q6 : Saya lihat ada trending hashtag.. apa bagusnya diikuti?
A6 : Kalau saya aliran yang relevan sih mba, tidak suka spamming, kalau kita ikuti trending hashtag itu kan spamming apalagi tidak nyambung sama produk kita. Tujuan dari hashtag sebenarnya untuk memudahkan buyer menemukan produk kita kan, jadi selama masih relevan apalagi trending maka sebaiknya kita gunakan. Coba temukan hashtag yang relevan sebanyak mungkin, lalu tuliskan di produk kita.

Q7 : Dari berbagai optimasi yg disampaikan, manakah yg Paling mudah dijalankan terlebih dahulu di awal?
A7 : Harga dan angle nama produk itu paling mudah, bisa variasinya di berikan misal warna ttu yang less favorite diberi harga lebih murah daripada warna lainya, harga akan tampil dalam bentuk rentang. Push juga ya, sederhana tapi punya dampak, harus menang rajin kalau ini.

Materi 5 – Rules of Marketplace

  • Best Price
  • Best Display
  • Lots of Stock
  • Trends
  • Reputation

Semua marketplace berlaku rules ini, yang bisa masuk mall shopee dan star seller pasti ada poin-poin ini di toko mereka. Untuk harga pasti kompetisinya berdarah-darah, bahkan mengarah ke harga yang tidak logis lagi, untuk produk elmina sepertinya akan kesulitan di sini.

Display ini foto produk ya, alias sisi kreatif yang dimainkan, paling fair di marketplace ya memainkan faktor ini, menarik pembeli sehingga mereka mau lihat-lihat, perlu dikombinasikan dengan copywriting produk yang ciamik

Untuk stock produk ini juga syarat untuk mereka yang masuk ke flashsale ada kaitannya juga dengan trends, seperti sekarang musim hujan muncul payung aneka rupa dengan harga sangat murah, biasanya importir yang bermain di sini

Reputasi, kalau ini dimainkan oleh pemilik brand, mereka bermain lurus karena membawa nama brand, contoh akun nya jpuff >> https://shopee.co.id/jpuffid

Ada seller of the months penjualan tinggi karena poin ke-1 tapi reviewnya ancur-ancuran, jualan sudah seperti menipu. Untuk brand biasanya mereka membuat beberapa produk pancingan yang dibuat dengan harga murah tetapi original produk mereka, produk lainnya dijual harga normal, elmina bisa memainkan strategi seperti ini. bisa cek best seller nya jpuffid itu pasti yang harga murah dan diskon, itu produk pancingan mereka.

QnA Materi 5

Q8 : Yg menentukan harga flash sale siapa mas? Seller atau shopee?
A8 : Seller mba, input di tab promoku, kita isi penawaran harga di situ, kalau diseutujui bisa ikut flashsale, agak gaib sih untuk masuk flashsale sebenarnya 😅 . Jadi untuk bisa masuk flashsale syaratnya harus star seller, masuk mall, punya banyak stock, isi penawaran di tab promoku, nunggu di approve. Memang flash sale ini bikin ngiler to the max penjualannya

Materi 6 – Manage Account dan Duplikasi Akun/Klon App

Syarat Kelola Akun yang Aman
  • Nomor hape aktif, berbeda-beda untuk setiap akun, bisa pinjam nomor suami, adik dan keluarga yang lain yang tidak aktif mengunakan shopee.
  • Email aktif untuk keperluan validasi, gmail bisa digunakan untuk mendaftar lebih dari 1 akun, syaratnya ketika input dipisah dengan karakter titik, misal [email protected] bisa dipakai untuk daftar 7 akun shopee karena bisa ditulis e.mail123 dan em.ail123 dan seterusnya, semua notif akan masuk ke akun utama [email protected] karena gmail tidak menganggap karakter titik pada username email.
  • Rekening bank berbeda untuk setiap akun.
  • Login dari app yang berbeda.

Untuk mengelola lebih dari satu akun hindari login dan logout di satu aplikasi yang sama, karena shopee mendeteksi hal ini dan akan membatasi salah satu akun, biasanya akun yang pendaftarannya paling baru, cara yang aman adalah dengan membuat duplikat app atau klon app, sehingga akan ada beberapa aplikasi shopee di hape kita dan masing-masing klon app bisa dipakai untuk 1 akun.

Berikut ini URL untuk download recommended appclone, saya berikan langsung berupa URL karena banyak sekali app palsu yang menggunakan nama mirip-mirip :

Setiap appclone ini bisa berbeda kinerja nya di tipe hape yang berbeda, jadi silahkan dicoba-coba ya, yang paling banyak dipakai itu parallelspace dan appcloner. Perhatikan juga kapasitas hape untuk kloning app ya, karena efek samping kloning ini akan menghabiskan baterai dan internet lebih cepat. Space untuk install appklon juga lebih tinggi kebutuhannya. Tidak semua aplikasi klonapp di atas bisa dipakai ya, tergantung kemampuan dan merek hape, jika di klik URL nya tidak keluar maka tidak cocok hape nya.

Kenapa sih seller harus buat banyak akun, sederhana nya karena paparan produk kita akan lebih tinggi sehingga potensi penjualan akan meningkat

Materi 7 – Shopee Ads

Konsep beriklan dengan lelang sangat mirip dengan Adwords, advertiser melakukan riset dan beriklan berdasarkan kata kunci, iklan akan muncul berdasarkan hasil pencarian yang dianggap relevan, tipsnya :

  • Gunakan kata kunci yang paling relevan, karena shopee mudah sekali mengambil budget
  • Set bid besar selama 3 hari, lalu turunkan perlahan sampai ke bawah nilai bid yang direkomendasikan
  • Sering cek kompetisi kata kunci
  • Sesuaikan nama produk agar relevan dengan kata kunci yang kita target
%d bloggers like this: