0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Punya masa lalu?, Saya yakin semua tentu memiliki masa lalu, baik itu masa lalu yang indah maupun masa lalu yang tidak mengeenakkan. Baik itu masa lalu yang akan selalu kita kenang maupun masa lalu yang tidak ingin kita ingat-ingat lagi.

Apakah itu masa lalunya berkaitan dengan,keluarga, saudara, sahabat, teman atau mungkin pacar. Dan bisa juga masa lalu itu berkaitan dengan benda seperti tempat, musik, film, kain, baju ,dan banyak lagi lainnya. Ada beragam perasaan yang muncul ketika mengingat masa lalu, bisa itu perasaan senang, perasaan sedih, perasaan sedih dalam bahagia, dan juga perasaan senang dalam kesedihan. Bingung? ya di renungkan saja sendiri.

Satu hal yang jadi fokus bahasan kita kali ini adalah tentang penyesalan. Susah move on atau gagal move on istilah anak muda sekarangnya. Kondisi dimana seseorang merasakan kesedihan, merasakan bersalah dan juga penyesalan yang mendalam ketika mengingat masa lalunya. Misalnya di masa lalu dia pernah berbuat kesalahan dengan seseorang yang mana itu berakibat terputusnya silaturahminya dengan orang tersebut atau mungkin juga dia dimasa lalu pernah gagal dalam mengerjakan sesuatu sebutlah ujian SNMPTN yang berakibat gagalnya ia masuk perguruan tinggi yang dicita-citakannya atau banyak contoh-contoh lainnya. Tergantung kondisi kita masing-masing.

Seandainya dulu tidak begini, seandainya dulu tidak begitu, seandainya dulu begini, seandainya dulu begitu. Akhirnya yang lahir dari penyesalan ini adalah pengandain-pengandaian yang itu membuat kita panjang angan-angan dan ujung-ujungnya juga bisa menyebabkan stress. Inilah hal yang justru harus kita hindari karena ini sangat berbahaya bagi pribadi sendiri.

Masa lalu biarlah berlalu, semua orang memiliki masa lalu, baik itu masa lalu yang baik ataupun masa lalu yang jelek. Masa lalu adalah bagian dari hidup kita, jika masa lalu itu baik maka jadikanlah ia pembelajaran, jadikanlah ia sebagai motivasi, jadikanlah ia sebagai inspirasi agar kita menjadi lebih baik lagi kedepannya. Jika sebaliknya masa lalu kita buruk atau jelek, maka jadikanlah ia sebagai pembelajaran juga, sebagai pedoman dimasa yang akan datang agar kita tak tergelincir lagi ke masalah yang sama.

Masa lalu biarlah berlalu, tak akan ada gunanya penyesalan, karena waktu tak bisa diputar mundur kebelakang, karena keadaan tak bisa dirubah. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah memaafkan diri sendiri dan juga mengikhlaskannya.InsyaAllah setiap masa lalu, setiap kenangan akan menjadi hikmah bagi kehidupan kita. So, segera move on, berubah, berbenah dan selalu menjadi pembelajar menuju arah kebaikan.

%d bloggers like this: