0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

Assalamualaikum

Saya mahu bertanya adakah sesuai jika mahu menikah dengan seseorang yang lebih berusia dariusia kita. Di samping itu perkenalan yang amat singkat (dari laman sosial). Bagaimana mahu tahu dia yang terbaik untuk kita. Saya takut sekiranya perhubungan ini dimulai dengan penipuan (tidak jujur atas sebab perkenalan yang singkat dan atas talin). Kami tak pernah berjumpa.
Harap dapat membantu.

Judul Pertanyaan: Jodoh

Jawaban :

Banyak orang melakukan pernikahan dengan perkenalan yang singkat, meskipun sebelumnya belum saling kenal. ada yang 1 bulan kenalan, 2 bulan, lalu mereka menikah.

Tapi poinnya bukan di seberapa singkat waktu berkenalan, tetapi sejauh mana dan sedalam apa kita mengenal calon pasangan kita.
Mengenal calon pasangan via laman sosial tentu boleh-boleh saja. Namun kita perlu bertemu, melihat dengan mata kepala sendiri sebagaimana Rasulullah saw menyuruh sahabatnya untuk melihat calon istrinya secara langsung. Kita juga perlu bertanya secara langsung tentang keluarganya, pekerjaannya, bagaimana visi dan misinya tentang pernikahan, dan sebagainya. inilah yang disebut taaruf, mengenali calon pasangan supaya kita tak membeli ‘kucing dalam karung’.
Hadits Jabir bin ‘Abdillah -radhiallahu ‘anhuma- secara marfu’:
إِذَا خَطَبَ أَحَدُكُمْ الْمَرْأَةَ, فَإِنْ اسْتَطَاعَ أَنْ يَنْظُرَ إِلَى مَا يَدْعُوْهُ إِلَى نِكَاحِهَا فَلْيَفْعَلْ
“Jika salah seorang di antara kalian melamar seorang wanita, maka jika kamu mampu untuk melihat apa yang bisa membuat dia tertarik untuk menikahinya maka hendaknya dia lakukan”. Jabir berkata, “Maka sayapun melamar seorang wanita lalu saya melihatnya dengan sembunyi-sembunyi (tanpa sepengetahuannya) sampai akhirnya saya melihat darinya apa yang membuat saya tertarik untuk menikahinya maka sayapun menikahinya”. (HR. Abu Daud (2082) dengan sanad yang hasan)

Hadits Al-Mughirah bin Syu’bah -radhiallahu ‘anhu-.
Beliau berkata, “Saya mendatangi Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- lalu saya menceritakan kepada beliau perihal seorang wanita yang saya lamar, maka beliau bersabda:
اِذْهَبْ فَانْظُرْ إِلَيْهَا فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ يُؤْدِمَ بَيْنَكُمَا
“Pergilah kamu (kepadanya) dan lihatlah dirinya, karena hal itu akan membuat kasih sayang di antara kalian akan langgeng”. (HR. At-Tirmidzi no. 1087, An-Nasa`i: 6/69, dan Ibnu Majah no. 1866. Potongan pertama dari hadits dikuatkan dalam riwayat Muslim: 2/1040 dari hadits Abu Hurairah.)

Hadits ini menunjukkan bahwa pembolehan untuk nazhor bukan hanya terkhusus bagi kaum lelaki tapi juga dibolehkan bagi seorang wanita yang akan dilamar. Karena kasih sayang itu muncul dari kedua belah pihak sehingga pembolehan di sini juga berlaku bagi kedua belah pihak.
Namun mengingat apa saja bisa terjadi melalui dunia maya, maka sebaiknya kita tetap mengedepankan kehati-hatian.
Kenali baik-baik calon pasangan Anda, libatkan keluarga, dan mohonlah petunjuk kepada Allah swt.
wallaahu a’lam.
***
picture : http://drsheri.com/chatting-or-cheating-how-to-tell-galtime-interview-with-dr-sheri-meyers/
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 11 =

%d bloggers like this: