Pertanyaan :

Mas..aku mau nanya..
Aku dlu pernh pacaran slama 5 tahun.tpi dy skrg gak da kabar..malah aku dengar dy nyuruh saya biar menikah dengan orang laen.saya kcewa dong…
Trus aku ktemu sama cwo yang nolongi aku dari kegalauan..makin lama aku makin nyaman.tapi sayang dy ada cwenya…gmn itu ya mas
Judul Pertanyaan: Nyaman dengan pacar orang lain

Jawaban :

salam, mbak Agustina

pasti  kecewa ya sudah berpacaran tapi dia tidak ada kabar dan malah menyuruh menikah dengan orang lain. Semoga Allah segera memulihkan perasaan Mbak dan menyinarinya dengan petunjuk.
Hm… menurut mbak sendiri, gimana rasanya kalau menjalin hubungan dengan orang yang sudah punya pacar? Kalau mba ada di posisi ceweknya, gimana kira-kira?
Sebagaimana saya yakin mba sudah paham, pacaran itu sangat beresiko dan tidak bisa dipastikan keberlanjutannya ke akad pernikahan. Ada orang yang sudah 8 tahun pacaran tapi tidak jadi menikah, ada juga yang sudah lama pacaran, menikah, tapi tidak bertahan lama. Kalau begini ceritanya, kita jadi bingung apa sesungguhnya manfaat dari pacaran, karena ia tidak menjamin kita bisa menikah dengan pacar kita. Karena toh ada orang-orang yang tidak berpacaran, tapi bisa menikah, langgeng pula berpuluh tahun lamanya. Lagipula dari segi agama, jelas pacaran itu  hanya menambah kemaksiatan pada Allah.
Kalau memang mbak sudah siap menikah, bagaimana kalau kita persiapkan diri menuju kesana, tapi tidak melalui pacaran?
Kita bisa fokus memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik, juga menjadi istri dan ibu yang shalihah. Kalau mbak berpacaran lagi, apalagi dengan laki-laki yang sudah punya pacar, apakah ada jaminan mbak akan menikah dengan dia? Tidak, kan? Dan kalau kita mencintai seseorang tapi tidak bisa memilikinya sebagai suami, buat apa? Pasti akan banyak mengorbankan perasaan nantinya.
So usul saya jika memang mbak sudah siap menikah, kita fokus saja mengupgrade diri, sibuk dengan kegiatan positif, banyak bergaul dengan lingkungan yang baik. Sambil mencari-cari calon yang baik juga tentunya. Insyaa Allah, perempuan yang baik akan berjodoh dengan laki-laki yang baik pula.
Semoga dimudahkan, Mbak 🙂
***
picture : https://www.colourbox.com/image/three-flowers-isolated-on-the-white-background-image-2246394
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

3 + 2 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.