Pertanyaan :

Assalamualaikum,
Saya A 23 tahun.
Begini, sebelumnya 2 hari lalu setelah saya sholat tahajud , saya langsung tidur lagi dan saya bermimpi di patok ular di bag punggung saya, terus ada saya tanyakan sm temen saya, ada yg bilang jodohnya sudah dekat arti mimpi saya tersebut sperti itu. Terus keesokan harinya saya dipanggil cowok yg belum pernah saya kenal dan tiba tiba dia meminta nomer hp saya. Singkat cerita cowok itu lngsung mngungkapkan isi hatinya dan tiba tiba mau melamar saya. Apakah itu mungkin jodoh saya? Kita bertemu saat tidak disengaja.  Cukup sekian pertanyaan saya. Terimakasih
Wassalamualikum wr.wb
Judul Pertanyaan: Jodoh

Jawaban :

alaikumussalaam wrwb mba A

Mimpi yang buruk asalnya dari syaitan. dan Rasul melarang kita untuk menceritakannya pada orang lain.
Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” (HR Muslim)
Dan tidak ada hubungan antara mimpi dengan peristiwa bertemu cowok dan mau melamar Anda. Jodoh atau tidak, kita tidak bisa tahu sampai akad nikah terjadi.
Yang jelas pertimbangkanlah jodoh Anda dengan saringan seperti yang Rasul ajarkan, yaitu kebaikan agamanya terlebih dahulu. LIihat juga bagaiman akhlaqnya, kenali siapa keluarganya, bagaimana riwayat hidupnya, bagaimana visinya membangun pernikahan dan rumah tangga, dan lain sebagainya. Jangan lupa bermusyawarahlah dengan orangtua Anda yang akan menjadi wali nikah. Yang terpenting, selalu libatkan Allah dalam urusan yang mahapenting ini, karena keputusan menikah adalah urusan yang sangat besar dalam hidup kita.
Semoga dimudahkan.

***

picture https://www.pexels.com/search/flowers/

Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

10 + 13 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.