0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Bau kaki memang menyebalkan. Buat kita-kita yang menutup aurat dan hamper setiap hari memakai kaus kaki kemana-mana, tentu bau yang satu ini jadi ancaman tersendiri. Masa’ gamisnya cantik, otaknya cerdik, tapi bau kaki? Iiih… jorok!

Bau kaki muncul karena bercampurnya bakteri dan keringat. Oleh sebab itu kita perlu menjaga kondisi kaki tetap kering dan sering mengganti kaus kaki.

Tips lainnya apalagi yaa?? Yuk kita simak!

  1. Gunakan kaus kaki berbahan dasar katun

Seperti kita ketahui, bahan katun akan menyerap keringat lebih baik dibanding bahan lainnya. Hal ini penting supaya keringat tidak mengendap lama dan bercampur dengan bakteri dan menimbulkan bau kaki.

  1. Gunakan cairan obat kumur pembersih mulut

Obat kumur berguna untuk mengusir bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut dan plak di gigi. Dna rupanya bisa juga lho digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya adalah dengan mencampurkan obat kumur ke dalam 1 baskom air dan merendam kaki selama beberapa saat. Lakukan ini setiap hari.

  1. Gunakan Sabun Anti Bakteri

Sabun yang satu ini memang untuk mengusir  bakteri di tubuh. Namun kita perlu memperhatikannya jika akan menggunakan dalam jangka waktu lama. Sebab bakteri baik yang dibutuhkan tubuh juga ikut mati bersama bakteri penyebab penyakit.

  1. Ganti Sepatu Setiap Beberapa Hari Sekali

Jika bau kaki kita sangat mengganggu, ada baiknya kita mengganti sepatu setiap 2-3 hari sekali. Hal ini supaya bau yang terlanjur menempel di sepatu bisa segera dibersihkan dan tidak menjadi jamur karena kondisi lembab.

  1. Gunakan Deodorant

Deodorant biasanya dipakai untuk menghilangkan bau ketiak. Tapi ternyata bisa dicoba juga lho untuk kaki kita. Cara pakainya sama seperti memakai deodorant untuk tubuh. Tinggal oleskan atau semprot saja di bagian yang diinginkan.

  1. Jaga Kaki Tetap Kering

Bau kaki semakin parah ketika bercampur dengan kondisi sepatu atau kaus kaki yang lembab. So menjaga kaki tetap kering akan sangat membantu meminimalisir munculnya si bau. Kalau perlu selipkan tissue di antara jemari agar keringat cepat diserap.

  1. Ganti Kaus Kaki Setiap Hari

Kaus kaki lembab sudah pasti jadi sarang bakteri dan baunya bikin jijik. Bagi kita yang keringatnya berlebih di kaki, ada baiknya sedia kaus kaki dengan jumlah banyak agar bisa dipakai bergantian. Mengganti kaus kaki secara kontinu adalah salah satu solusi mencegah bau kaki.

***

Satu hal yang juga tak kalah penting untuk mencegah bau kaki adalah menjaga kebersihan kuku kaki. Biasanya kotoran yang mengendap jika bercampur dengan keringat akan jadi kombinasi sempurna bagi si bakteri untuk berkembang biak. Gak mau kan kuku kita menghitam dan berbau tak sedap?

Ok, 7 tips di atas semoga berguna. Mari ucapkan selamat tinggal pada bau kaki. Karena muslimah yang bersih menandakan ia rajin merawat diri 😉

***

bacaan : berbagai sumber

gambar : http://www.ayeey.com/2016/08/cara-mengatasi-bau-kaki-secara-alami-dan-penyebab-bau-kaki.html

%d bloggers like this: