0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pernah pindahan rumah ?, baru saja kami 2 hari yang lalu pindahan rumah. Nah selama proses pindahan dari awal masa-masa pencarian rumah hingga akhirnya sampai dan menempati rumah tersebut. Sepanjang masa-masa yang lumayan panjang itu banyak bermunculan ide-ide dalam kepala yang mengaitkannya dengan proses hijrah dalam kehidupan, baik itu hijrah sikap, hijrah kepribadian dari yang tidak baik ke arah yang lebih baik ataupun mungkin hijrah dari yang belum berhijab menjadi berhijab.

Berikut adalah beberpa inspirasi kehidupan yang kami dapatkan, silakan di simak.

1. Memilih dan membuang hal-hal yang sudah tidak digunakan lagi.

Sebelum berpindah, tentu kita akan bersih-bersih dulu baik itu lemari maupun tempat lainnya, kita berusaha memilih dan memilah lagi mana yang penting dan mana yang tidak. Yang tidak penting biasa akan di tempatkan di satu tempat pembuangan yaitu tempat sampah. Begitu juga ketika anda ingin hijrah ke arah yang lebih baik, mustahil rasanya jika anda tidak membuang hal-hal buruk dalam diri anda, apakah itu kebiasaan buruk, kenangan buruk bahkan mungkin teman sekalipun yang selalu mengajak ke jalan keburukan.

2. Bersabar dengan prosesnya yang terkadang tidak mengenakkan.

Yang naman pindah dari satu tempat ke tempat lain jelas tidak enak dan tidak menyenangkan. Berat memang, sulit rasanya meninggalakn tempat lama apalagi jika sudah menempatinya dalam jangka waktu yang cukup lama, banyak kenangan, banyak keindahan dan tentu juga rasa nyaman yang sudah dirasakan. Sementara tempat baru, belum tentu akan senyaman tempat lama.

Dalam proses hijrah ke jalan kebaikanpun juga begitu, sebutlah contohnya ketika ada seorang wanita memutuskan berhijab, ketika memulainya tentu akan terasa berat, apalagi jika dikalangan keluarga, tempat kerja dan teman-temannya belum berhijab. Tentu ini akan menuntut dirinya untuk menjelaskan kepada orang – orang terdekat dan juga menuntut diri untuk selalu bersabar ketika dihujat, dipandang sinis serta beragama reaksi negatif lainnya.

3. Menyesuaikan diri dengan lingkungan atau tempat baru

Setelah pindah dan sampai ditempat baru, maka kitapun akan dituntut lagi menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tempat baru, menyesuaikan diri dengan kondisi baru, menyesuaikan diri dengan teman-teman dan orang-orang baru. Beradaptasi dengan segala hal baru yang ditemui. Yang mungkin pada awalnya asing bagi kita, namun disini tentu kita akan berusaha untuk membiasakan diri dengannya.

Itulah sahabatku semua 3 Hikmah dari pindah, hijrah (pindah) adalah suatu keniscayaan bagi kita, karena jika kita ingin lebih baik dari hari ke hari, dari waktu ke waktu maka tidak ada cara lain kecuali hijrah ke jalan kebaikan, merubah diri ke arah yang lebih baik. Terkadang ketika kita hijrah di awal memang terasa berat dan terasa tidak nyaman. Namun jangan khawatir, karena pada suatu saat kita akan merasa nyaman dengan kondisi baru kita, dengan kebiasaan baru kita. Selamat mencoba, berpindah bergerak ke arah yang lebih baik.

%d bloggers like this: