Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr..wb..

Saya ada masalah sama orang tua saya, orang tua saya ingin membatalkan pernikahan saya karena calon saya hanya kasih maharnya sedikit, dan orang tua saya ingin mengadakan acara resepsi yang besar-besaran,  tetapi budgetnya minim sekali, jadi tidak memungkinkan. Dan saya sudah jelaskan jangan besar-besaran acaranya sederhana.

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Sebenarnya mahar itu ditetapkan oleh wanita minta sama calon suaminya, besar kecilnya atau apapun bentuknya adalah hak wanita yang menentukan. Dan, orangtua semestinya tidak ikut campur urusan mahar. Sementara pesta resepsi besar-besaran boleh-boleh saja dilakukan selama memiliki kemampuan ekonomi. Tetapi jika tidak ada kemampuan ekonomi maka jangan dipaksakan apalagi sampai berhutang. Menikah hukumnya bisa wajib sementara pesta hanya sunnah, jangan sampai menggalkan yang utama hanya gara-gara tidak mampu menyelenggarakan pesta yang tidak wajib.

Sebagai solusinya mba komunikasi lagi dengan orangtua mba, minta bantuan saudara dan kerabat dekat untuk bantu meyakinkan orangtua mba dan yang lebih utama adalah calon suami mba. Minta calonnya temui orangtua mba dan yakinkan orangtua mba bisa menyelenggarakan akad pernikahan sesuai dengan kemampuannya. Kami doakan semoga Allah beri kemudahan dan kelancaran ya. Jangan lupa berdo’a pada Allah yang Maha membolak-balikkan hati manusia

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

5 + 6 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.