0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Memiliki bayi yang terlahir dengan normal dan sehat tentu saja menjadi dambaan setiap para bunda, untuk mendapatkannya tentu saja kita harus berusaha dan selalu menjaga kandungannya. Nah untuk bunda yang sedang hamil muda, bunda harus melalukan banyak hal yang dapat membuat calon si buah hati bunda terlahir dengan sehat dan akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Untuk hal tersebut bunda dapat mengikuti beberapa tips menjaga kesehatan kandungan untuk mendapatkan buah hati yang terlahir sehat.

Menjaga kesehatan ibu hamil muda haruslah dilakukan semaksimal mungkin, jika ibunya kurang sehat maka anaknya juga ikut apa yang sedang dihadapi ibunya. Banyak dampak buruk jika kesehatan ibu hamil kurang tepat, salah satunya bisa membuat kematian pada ibu hamil. Makanan juga harus diperhatikan, Selain itu, masih banyak juga orang yang melakukan operasi sesar karena takut terjadi apa-apa, dan ternyata dari operasi sesar mempunyai resiko yang banyak.

Berbicara tentang ibu hamil muda, tetunya banyak sekali perubahan pada fisiknya, salah satunya wajah dari ibu hamil secara umum akan muncul flek-flek berwarna gelap atau bintik coklat. Hal demikian disebabkan oleh perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah serta lehernya. Dan jangan terlalu mengkhawatirkan hal tersebut, apalagi mengolesinya dengan obat-obat pemutih karena akan menjadi lebih menambah masalah. Tiga tips menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil muda adalah kontrol dengan teratur, hindari makan-makan yang tidak baik untuk janin, dan olahraga dengan teratur.,

Kontrol Dengan Teratur (Rutin)

Jangan menunda untuk kontrol pada dokter atau bidan setelah bunda tahu bahwa bunda hamil. Penting sekali , untuk mengetahui kondisi perkembangan bayi di dalam perut bunda. Maka dari itu lakukan kontrol dengan rutin sehingga bayi sehat dan ibu sehat akan terwujud.

Hindari Makan-Makanan Yang Tidak Baik Untuk Janin

Ubah kebiasaan makan bunda, apabila tadinya senang makan yang tidak sehat, maka harus makan yang sehat-sehat saja. Hindari junk food, dan hindari juga minuman bersoda atau beralkohol. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan sehingga kebutuhan nutrisi dapat tercukupi. Hindari makanan-makanan kalengan yang nutrisinya tak sebanyak makanan segar. Pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia. Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi.

Perbanyak pula meminum air putih. Kandungan air putih dan vitamin penting untuk diperhatikan. Untuk bunda yang seringkali mengalami mual maka bunda dapat mengkonsumsi air putih dengan jumlah lebih banyak dan bisa dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Selain itu, Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda. Bunda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan Bunda.

Selain meminum air putih, sangat disarankan juga meminum susu. Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu bunda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada janin atau calon bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral tersebut, maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Pilihan susu kedelai yang dapat menjadi alternatif bunda yang mempunyai kecukupan vitamin D dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil.

Perkaya lauk pauk dengan makanan yang mengandung protein dan asam lemak, makanan tersebut banyak mengandung omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak janin. Meskipun demikian bunda tetap harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemakk jenuh di dalam tubuh.
Di pagi hari seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga bunda dapat mengatasi gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan dengan mengkonsumsi sereal. Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan bunda juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

Tambahkan pula makanan jenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

Olahraga Dengan Teratur

Berolahraga agar tubuh tetap bugar dan sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga. Tubuh yang metabolismenya baik, akan lebih mudah menghadapi problem-problem seperti morning sick dan lain sebagainya.

Berdasarkan penjelasan diatas kita ketahui bahwa ada tiga tips menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil muda adalah kontrol dengan teratur, hindari makan-makan yang tidak baik untuk janin, dan olahraga dengan teratur. Dengan menjakankan tips tersebut sebaik mungkin maka, seorang ibu akan memiliki anak yang sehat dan juga sangat mungkin bagi ibu tersebut untuk tetap aktif dan sehat ketika mengandung. Jika ibu sehat maka bayi juga akan lahir dengan selamat. Keseimbangan ini dibutuhkan agar kemudian seorang ibu menjadi lebih berpengalaman untuk menghadapi kehamilan – kehamilan berikutnya. Tetapi perlu diingat bahwa tiap kehamilan butuh penanganan yg tidak jauh berbeda.

%d bloggers like this: