Pertanyaan :

Assalamu’alaikum..wr..wb

Sekarang saya masih kuliah, beriring denga waktu saya cukup tertarik pada seorang pria yang unik. Karena rasa perhatian saya agar dia menjadi orang yang lebih baik, saya sering broadcast dia pesan keagamaan/ pendaftaran grup agama dsb, lalu tiba-tiba pada bulan ramadhan dia pernah bertanya pada saya “aku itu jarang banget menangis, kemarin ada yang menjadi mualaf setelah shalat tarawih, dan tiba-tiba aku nangis, itu kenapa ya?”

Dan saya pun menjawab sesuai kapasitas saya “memang fitrahnya hati itu menuju ke kebaikan, itu tandanya hatimu masih baik”. Nah beberapa saat berlalu, temanku banyak yang bilang bahwa dia banyak berubah menjadi “alim” dsb. Ujian pun meningkat, saat tugas kelompok dia meminta pulang bareng karena jalan searah dan dia tidak membawa motor, karena saya merasa kasihan, saya biarkan dia memboncengi say,a namun saya mengusahakan menjaga jarak denga tas, dan selalu berdzikir di jalan meski hati ini berdegup kencang dan syetan selalu menggoda.

Kemudian, saya pun sering berdoa “Ya Allah jika dia jodohku maka dekatkanlah hati kami kepadaMu/ Ya Allah jika dia jodohku maka dekatkanlah dia kepadaMu, jika tidak jauhkan kami demi kebaikan dan tetap jadikan kami saudara”. Seiring waktu berjalan, saya sering dengar dari teman bahwa dia banyak sekali berubah, sering shalat di masjid dengan tepat waktu, dsb.

Apakah diperbolehkan berdoa seperti itu? Meski jodoh itu misteri, apakah mungkin itu pertanda bahwa doa sy dijawab?

Jawaban :

Waalaikumsalam…wr…wb..

Alhamdulillah kalau memang dia mendapat hidayah dengan perantara mba. Tapi perlu diperhatikan Islam mengatur pergaulan antara laki-laki dan perempuan, ada batas-batasannya termasuk juga dalam menasihati. Sebaiknya yang menasihati laki-laki ya laki-laki juga begitu juga yang menasihati perempuan ya perempuan juga. Karena jika yang menasihati lawan jenis akan sangat rentan dengan munculnya rasa ketertarikan di hati masing-masing lalu berujung pada zina hati atau mungkin menyebabkan pacaran dan lain sebagainya.

Adapun untuk do’a jodoh, sebaik-baiknya do’a adalah meminta dan memohon pada Allah Swt agar dipertemukan dengan jodoh yang terbaik menurut Allah, serahkan saja pada Allah, ikhlaskan karena Allah jauh lebih tau mana yang terbaik untuk mba. Jika berdo’a menyebut nama seseorang maka disana akan muncul satu pengharapan, hadir rasa keinginan untuk hidup bersama dengan orang yang diharapkan dan yang seperti ini bisa menimbulkan kekecewaan di akhir nanti jika pada akhirnya kalian tidak jadi menikah.

Sebagai penutup untuk kasus mba, jika mba sudah siap menikah lalu menganggap laki-laki itu cocok sebagai suami mba, maka mba bisa minta dia untuk menikahi mba (dengan syarat laki-laki itu pun siap untuk menikah). Tetapi jika belum siap menikah dalam waktu dekat lebih baik hindari interaksi dan komunikasi dengan laki-laki tersebut, tidak perlu lagi memikirkannya dan mengharapkannya.

Apakah itu memutus silaturahmi ? Jelas tidak, karena hubungan silaturahmi itu hanya untuk saudara kerabat yang senasab (memiliki ikatan darah) . Jadi niatnya untuk menjaga hati dan diri mba dari angan-angan dan juga maksiat hati.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

7 + 5 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.