0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

assalamualiakum wr.wb..
saya mau tanya, saat ini saya sedang bingung karena masalah pernikahan..
sebelumnya saya sudah yakin dg pilihan saya akan tetapi orang tua si dia tidak setuju jika dia dengan saya, bahkan sampai sekarang orang tuanya masih tidak setuju, saya terua meminta petunjuk pada Allah akan tetapi setiap hari saya semakin yakin, begitu pula dengan dia yang juga sudah yakin akan tetapi terhalang restu dari orang tua.. kira-kira apa yang bisa kita lakukan agar orang tuanya luluh dan mau melihat keseriusan kita?
Judul Pertanyaan: pilihan

Jawaban :

alaikumussalaam wrwb

sebelumnya apakah dia sudah berdiskusi baik-baik dengan orangtua?
biasanya orangtua tidak setuju karena ada hal yang mereka khawatirkan, terlebih karena mereka sudah berpengalaman menjalani pernikahan dan rumah tangga. Yakinlah bahwa kekhawatiran atau ketidaksetujuan itu dilandasi oleh kasih sayang kepada anaknya, maka cobalah melihat dari sisi mereka.
Jika memang mbak dan calon sudah yakin dan berniat menikah untuk menjaga kesucian diri, mungkin beliau juga bisa meminta bantuan pihak ketiga yang dipercaya. Barangkali ada paman/kakek yang lebih didengar pendapatnya oleh orangtua.
Namun jika ternyata mentok dan restu belum juga turun, bersiaplah untuk berlapang dada dan mengedepankan sangka baik. Memang tidak mudah, tetapi kita harus yakin bahwa mentaati orangtua -selama bukan dalam rangka bermaksiat kepada Allah- juga memiliki banyak keutamaan untuk akhirat kita.
Semoga Allah berikan petunjuk dan jalan terbaik ya. Wallahu a’lam.
gambar : http://www.9hdw.com/wallpaper/5276/high-resolution-mountain-1920x1080/
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

2 + 4 =

%d bloggers like this: