0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Pertanyaan :

Assalamualaikum.wrwb.

Selamat siang Bapak/Ibu, Perkenalkan Saya L, saya mau bertanya bagaimana proses taaruf itu sebenarnya? Cara mengetahui keseriusan lawan yang mau di ajak taarufan bagaimana? Saya sedang dalam proses Taaruf, jadi ada beberapa yang kirim proposal taaruf, tetapi saya fokus pada salah seorang yang saya anggap serius, setalah itu kami berjumpa dan bercrta tentang visi dan misi, adat istiadat, dll. Akan tetapi setelah pertemuan kami hanya saling diam tanpa komunikasi? jadi saya harus bagaimana? soalnya saya mau meminta ketegasan apa taaruf ini dilanjutkan atau tidak.
Terima Kasih.

wassalam..

Judul Pertanyaan: Bagaimana menegaskan sebuah kepastian taaruf, jika kedua belah pihak yang Taaruf sudah bertemu

Jawaban :

alaikumussalaam ww MBak L

Biasanya setelah berkenalan dan bertukar informasi diri, masing-masing pihak menetapkan waktu kapan akan ada keputusan lanjut atau tidak lanjut lagi ke jenjang berikutnya. Misalkan, 7 hari setelah pertemuan, baik pihak laki2 atau perempuan akan mempertimbangkan, beristikharah, berkonsultasi dengan orang2 yang dipercaya dan sebagainya, lalu wajib  menyatakan Ya/Tidak untuk melanjutkan proses.
Jika kedua pihak sama-sama sreg dan mau menjajaki lebih lanjut, maka keduanya pun melanjutkan proses ke arah yang lebih serius, misalnya, bertemu dengan kedua orangtua masing-masing.
Dari sini pun belum bisa dipastikan prosesnya akan terus berlanjut sampai akad nikah, karena bisa jadi orangtua kurang setuju meski kita sudah sreg dengan sang calon.
Tapi jika setelah pertemuan tadi hanya salah satu pihak saja yang mau melanjutkan proses sementara yang lainnya tidak, maka proses menuju akad tidak bisa dilanjutkan.
Untuk menanyakan kepastian,tentu kita boleh menanyakan keputusan dari pihak laki-laki, apakah mau lanjut atau tidak. Beri deadline / batas waktu kapan keputusan itu harus diterima.
Jika memang sampai waktu yang ditentukan belum juga ada jawaban, maka kita boleh membuat kesepakatan “dianggap batal dan tidak lanjut” atau memberi batas waktu berikutnya.
wallahu a’lam
***
picture : https://www.123rf.com/photo_14767080_3d-people-human-character-choosing-between-yes-or-no–this-is-a-3d-render-illustration.html
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

13 + 8 =

%d bloggers like this: