0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Berhijab merupakan kewajiban bagi seorang muslimah dalam mentaati aturan agamanya. Namun, permasalahan akan rambut yang menjadi gatal saat berhijab memang tak bisa dipungkiri kehadirannya. Solusi jitu untuk mengatasi masalah rambut gatal saat berhijab merupakan sebuah artikel yang mengusung tentang tips-tips mengatasi rambut gatal saat berhijab. Berikut akan dipaparkan beberapa solusi jitu untuk mengatasi masalah rambut gatal saat berhijab.

Berhijab adalah perintah agama yang bersifat wajib bagi seorang muslimah. Berhijab adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap kehormatan diri wanita agar senantiasa terjaga dari orang-orang yang bukan muhrimnya. Seorang muslimah diharuskan memakai hijab atau penutup kepala yang dijuntaikan sampai ke dada untuk menutupi auratnya. Ada kalanya dalam berhijab, muslimah sering merasakan gatal pada kepala yang tidak bisa dipungkiri.

Sebelum mengambil langkah untuk menyelesaikan permasalahan rambut gatal saat berhijab, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab dari timbulnya gatal pada rambut saat berhijab. Kondisi gatal pada rambut secara nyata disebabkan oleh adanya aktifitas ketombe dan kehadiran minyak berlebih. Kondisi kepala yang tertutup saat berhijab jelas mendukung aktifitas dan kehadiran ketombe juga minyak. Lantas, bagaimana solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut?

Keramas Secara Teratur

Biasakan untuk memiliki pola keramas yang teratur bagi rambut kita. Utamanya untuk muslimah yang berhijab, sebaiknya melakukan keramas minimal 2 hari sekali. Pola keramas yang teratur akan membuat rambut kita tetap dalam kondisi bersih dan sehat meski tertutupi hijab. Hindari pola keramas yang terlalu sering karena akan menimbulkan dampak permasalahan pada rambut kering.

Memilih Shampo yang Tepat

Shampo merupakan elemen penting untuk membersihkan rambut kita. Pilihlah shampo yang tepat untuk kondisi rambut kita. Secara spesifik, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis rambut kita yang tergolong rentan berminyak, kering atau berketombe. Kita pun dapat secara khusus memakai shampo dengan jenis yang diperuntukkan bagi wanita berhijab.

Beri Nutrisi Tambahan pada Rambut

Berhijab bukan berarti kita tidak memperhatikan kesehatan rambut kita. Selain membersihkan rambut dengan keramas, kita pun harus memperhatikan nutrisi tambahan pada rambut kita. Gunakan condisioner dan vitamin untuk perawatan rambut setelah keramas secara berkala. Jika kesulitan, kita dapat melakukan treatment pemberian nutrisi tambahan bagi rambut di salon khusus muslimah terdekat.

Jangan Memakai Hijab dengan Kondisi Rambut Basah

Pemakaian hijab dengan kondisi rambut yang basah jelas memicu kehadiran ketombe dan akan membuat rambut kita menjadi gatal. Hal tersebut terkesan sepele namun perlu diperhatikan. Usahakan untuk memposisikan rambut dalam keadaan kering dan tidak lepek saat sebelum menggunakan hijab. Jika kita dalam kondisi terdesak atau terburu-buru, kita dapat mengeringkan rambut kita dengan hair dryer.

Memilih Bahan Hijab yang Tepat

Dalam pemakaian hijab, kita diharuskan untuk memilih bahan hijab yang tepat. Gunakan bahan jibab dari katun yang menyerap keringat. Gunakan hijab dengan ketebalan optimal yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Bahan hijab yang terlalu tipis akan menampakkan rambut kita dan menyalahai aturan berhijab, sedangkan bahan hijab yang terlalu tebal akan membuat rambut kita sulit bernafas dan akan membuat kondisi rambut lepek, berminyak dan memicu pertambahan ketombe.

Gunakan Dalaman Kerudung yang Nyaman

Hal penting yang juga perlu diperhatikan adalah memilih dalaman kerudung yang nyaman bagi rambut kita. Gunakan dalaman kerudung yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari jenis bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Lepas dalaman kerudung jika kita merasa tidak nyaman. Setelah kita selesai melakukan aktifitas di luar, kita dapat membuka dalaman kerudung kita dengan segera.

Selektif dengan Pemilihan Warna Hijab

Untuk kita yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan dengan terpaan sinar matahari langsung, ada baiknya untuk menggunakan hijab dengan warna-warna pastel yang cerah namun terkesan santun. Hindari memakai hijab dengan warna gelap. Warna gelap dapat menyerap sinar matahari dengan baik dan akan mengakibatkan kondisi rambut kita menjadi jenuh. Kondisi rambut yang jenuh dapat memicu kehadiran minyak dan ketombe berlebih.

Jangan Menggunakan Hijab yang Sama Terlalu Lama

Hindari menggunakan hijab yang sama secara terus menerus lebih dari 2 hari. Penggunaan hijab yang sama akan menjadi tempat penumpukan bakteri secara beruntun dan menyebabkan rambut lebih lepek. Sesibuk apapun kita, biasakan untuk mengganti hijab secara beruntun dalam beraktifitas. Kondisi hijab yang bersih akan membuat rambut lebih baik dan mencegah timbulnya rasa gatal.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Bagi kita yang memiliki rambut panjang, hindari mengikat rambut terlalu kencang saat berhijab. Ikatan yang terlalu kencang pada rambut akan memberikan dampak stres pada rambut yang juga akan mengakibatkan rambut rusak. Gunakan ikatan rambut yang nyaman. Biasakan untuk melepas ikatan rambut kita saat kita melepas hijab dan biarkan rambut kita terurai agar rambut kita dapat beristirahat.

Rajin Menyisir Rambut

Usahakan untuk memperhatikan kondisi rambut kita. Kondisi rambut yang kusut akibat jarang disisir akan memberikan ruang lebih kepada bakteri untuk berkembang dalam kondisi yang lepek pada rambut. Hal ini akan menyebabkan rambut kita menjadi semakin gatal. Sebelum memakai dan setelah memakai hijab, sebaiknya kita menyisir rambut kita agar selalu terurai rapih.

Memotong Rambut Sesuai Kemampuan Mengurusnya

Jika kita merasa terbebani dengan hal-hal mengenai perawatan rambut agar tidak gatal saat berhijab, kita dapat memotong rambut kita. Rambut pendek cenderung lebih mudah dirawat daripada rambut panjang. Memotong rambut dengan ukuran pendek yang sesuai tetap diperbolehkan asal tidak menyerupai laki-laki. Rambut tetapah perhiasan wanita yang harus dijaga.

Merawat rambut adalah kewajiban bagi setiap manusia, terutama perempuan dan terlebih khususnya bagi para muslimah yang berhijab. Solusi jitu untuk mengatasi masalah rambut gatal saat berhijab merupakan artikel yang membantu kita untuk memilih kebijakan dalam mengatasi masalah gatal pada rambut kita. Rawatlah rambut kita sebaik mungkin. Tetaplah menjadi muslimah yang cantik denga rambut yang sehat.

Sumber : Mengatasirambutrontok.net , VOA Islam

%d bloggers like this: