0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Sudahkah hafal nama para ibunda kita?, iya mereka adalah istri-istrinya baginda Rasulullah Muhammad SAW, istri-istrinya Rasulullah ibundanya kaum muslim, jadi sudah semestinya setiap kaum muslimin mengenalnya baik itu nama, tentang dirinya serta bagaimana mereka mendampingi perjuangan baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Wabil khusus bagi kaum muslimah, mempelajari kehidupan serta teladan-teladan istri-istrinya Rasulullah adalah cara terbaik untuk belajar menjadi istri dan ibu yang baik, karena belajar lansung pada istrinya manusia paling hebat sepanjang masa, yang pengaruhnya sangat terasa hingga saat ini.

Berikut adalah nama-nama istri Baginda Muhammad SAW yang kami kutip dari buku mimpi bertemu nabi karya Dr. Syafiq bin riza bin hasan bin abdul Qadir bin salim Basalamah, MA. Ada 12 orang nama istri nabi berikut dengan tahun menikah, umur menikah, lama bersama nabi dan tahun wafat.

1. Bunda Khadijah bintu Khuwailid, tahun menikah 28 SH (Sebelum Hijriah), beliau menikah dengan Rasulullah di usia 40 tahun, dan wafat di tahun 3 SH (Sebelum Hijriah)

2. Bunda Saudah bintu Zam’ah, Rasulullah menikahinya di tahun 3 SH (sebelum hijriah) di umur 55 tahun,  dan wafat di tahun 54 H.

3. Aisyah bintu Abi bakr, Ia adalah putri sahabat Rasulullah Muhammad SAW Abu bakr ash shiddiq menikah dengan Rasulullah di tahun 1 SH (sebelum hijriah), menikah di usia (6/9) tahun, wafat di tahun 58 hijriah

4. Hafsah bintu Umar bin khattab, menikah dengan Rasulullah di tahun ke 3 Hijriah di usia 20 tahun dan wafat di tahun 45 H.

5. Zainab bintu khuzaimah al Hilaliah, menikah dengan Rasulullah di tahun ke 3 H di usia 30 tahun dan wafat tahun 3 H.

6. Ummu salamah Hind bintu Abi Umayyah, menikah dengan Rasulullah ditahun ke 4 H di usia 31 tahun dan wafat tahun 61 H.

7. Zainab bintu jahsyi, menikah dengan Rasulullah ditahun 5 H dalam usianya 31 tahun dan wafat tahun 20 H.

8. Juwairah bintu harist, menikah dengan Rasulullah di tahun 5 H dalam usianya 20 tahun dan wafat tahun 50 H.

9. Shafiyyah bintu Huyay, menikah dengan Rasulullah ditahun 7 H dalam usia 17 tahun dan wafat tahun 50 H.

10. Ummu habibah Ramlah bintu Abi Sufyan, menikah dengan Rasulullah di usia 40 tahun ditahun ke 7 H dan wafat pada tahun 44 H.

11. Maimunah bintu harist, menikah dengan Rasulullah di usia 26 tahun, menikah di tahun ke 7 H dan wafat pada tahun 51 H.

12. Mariah bintu Syam’un al Qibthiyah, menikah dengan Rasulullah ditahun 7 H, dan wafat ditahun 16 H.

Sumber nama-nama istri Muhammad Rasulullah SAW diatas dari kitab  al-‘arba’in fi manaqib Ummahatil Mu’minin karya Ibnu Asakir

Istri-istri Rasulullah diatas disebut sebagai Ummul Mukminin ibundanya kaum mukminin, semoga Allah mudahkan bagi kita untuk mengenalnya lebih jauh lagi dan menjadikannya sebagai teladan hidup kita.

Sumber foto : deloiz.blogspot.com

 

%d bloggers like this: