Pertanyaan :

Assalamualaikum..wr…wb..

Saya filly umur 22 tahun. Saya sedang dihadapkan dengan sebuah masalah yang selalu membuat saya bingung. Saya sudah menjalin hubungan dengan seorang pria selama 7 th. Beberapa hari yang lalu dia mengatakan bahwa dia telah berbicara serius kepada keluarganya tentang hubungan ini. Lalu orang tuanya merasa tidak cocok dengan menerima saya sebagai menantu. Dan dia bingung harus memilih yang mana. Disisi lain tidak ingin menyakiti saya maupun kedua orang tuanya, dia mengatakan akan berbicara lagi kepada orang tuanya. Sekarang ini sikap seperti apa yang harus saya ambil??

Jawaban :

Waalaikumsalam…

Seperti itulah dampak buruknya berpacaran, apalagi sudah pacarannya sampai 7 tahun. Pacaran itu banyak mudharatnya selain maksiat seperti zina hati, zina tangan, mata dll. Juga membuat galau dan bingung seperti yang mba rasakan, terlebih lagi jika gagal menikah akhirnya sama-sama kecewa dan tersakiti.

Sikap terbaik yang perlu mba ambil adalah yang pertama adalah hijrah, bertaubat dan mohon ampunan pada Allah Swt atas kekhilafan pacaran yang telah dilakukan selama 7 tahun lamanya. Luruskan niat menikah sebagai ibadah pada Allah Swt dan mulai jugalah pernikahan dengan cara yang Allah ridhoi. Setelah itu putuskan hubungan dengan laki-laki, sampaikan dengan tegas padanya kalau memang dia serius dengan mba yakinkan orangtuanya dan suruh datang segera menemui orangtua mba untuk melamar. Jika tidak ,tidak perlu hubungi mba lagi.

Ini mungkin berat bagi mba, tapi ini pilihan terbaik, pilihan yang Allah Ridhoi. Jika terasa berat nikmati saja 🙂 Setelah itu tinggal berserah diri pada Allah agar dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut-Nya sembari terus menyiapkan dan memantaskan diri.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact : tanyaaghautsman@gmail.com

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

3 + 2 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.