0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Kapan kamu menikah?

Sudahkah kamu mempersiapkan diri dan ilmu yang diperlukan setelah pernikahan?

Sudahkah kamu menyusun visi dan misi pernikahan?
Sudahkah kamu memiliki goal yang jelas dari pernikahanmu?

Atau malah sibuk mikirin biaya resepsi dan acara pernikahan?

Tak dipungkiri memang hari ini sahabat atau saudara kita yang belum menikah, mudah-mudahan anda tidak termasuk lebih banyak memikirkan bagaimana resepsi dan acara pernikahan. Tak sedikit yang menunda pernikahan hanya gara-gara belum memiliki modal (uang) untuk resespsi pernikahan, seolah-olah ini adalah hal fundamental dalam pernikahan, namun melupakan hal-hal penting seperti bekal ilmu yang harus dimiliki setelah pernikahan. Sehingga ketika ditanya apa visi dan misi pernikahan ? bingung, apa tujuan menikah?, yang muncul hanya jawaban normatif seperti menikah untuk ibadah, menikah menjalankan sunnah, menikah untuk mencapai sakinah, mawadah dan waramah tanpa memahami esensinya.

Memiliki tujuan (visi) dalam pernikahan ibarat kita datang ke stasiun kereta api, menemui penjual tiket namun ketika ditanya kemana tujuannya kita bingung menjawab, ada dua kemungkinan yang akan dilakukan penjual tiket. Pertama bisa jadi si penjual tiket mengira anda “stress” dan memanggil satpam dan yang kedua bisa jadi penjual tiket akan menjual tiket dengan tujuan jarak terjauh dan anda akan naik kereta tanpa arah dan tujuan yang jelas, alhasil perjalanan anda akan kacau. Begitu juga dengan pernikahan, tak sedikit pasangan yang menikah tapi hanya statusnya saja suami istri, tidak ada saling keterikatan satu sama lain, tinggal serumah hanya menikmati rutinitas dan kesibukan harian tanpa ada gairah dan semangat diantaranya, tinggal bersama tapi tak seirama yang terjadi hanyalah kehidupan seperti robot atau pernikahan yang setiap hari diwarnai pertengkaran, di warnai cekcok, perbedaan pendapat, saling menyalahkan dan saling merasa benar. Tentu anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Taj mahal, walaupun mungkin belum pernah melihatnya secara lansung kami yakin tentu anda sudah sangat familiar dengan bangunan yang masuk salah satu keajaiban dunia ini. Sebuah bangungan megah yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai makam untuk istri tercintanya, Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia saat melahirkan, kita tidak akan berpanjang lebar membahas kisah dibalik pembangunannya, namun kita akan mencoba mengutip inspirasi dari proses pembangunan taj mahal ini. Perlu diketahui bangunan megah ini dibangun dengan membutuhkan waktu 22 tahun, melibatkan 20.000 pekerja tukang batu, tukang emas dan pengukir termasyur dari belahan dunia,  43 jenis batu permata, termasuknya yaitu berlian, jed, kristal, topaz dan nilam telah digunakan untuk memper indah Taj Mahal. Luar biasa sekali bukan?,

Kami yakin tentu anda sepakat kalau pembangunan bangunan mewah yang bernama taj mahal ini dibangun secara dadakan, tentu ada hal penting yang dilakukan di awal yaitu perencanaan. Sebelum bangunan itu berdiri, rancangan gambar akhir, jumlah bahan dan pekerja yang dibutuhkan, biaya yang dibutuhkan serta lamanya waktu yang dibutuhkan tentu sudah tertera dengan jelas diatas kertas oleh arsitektur yang merancang bangunan tersebut.

Begitu juga dengan rumah tangga anda, ketika anda menginginkan rumah tangga  menjadi “istana” dan menjadi sebuah “keajaiban” maka anda perlu merencanakannya. Seperti apa rumah tangga ideal yang akan anda bangun?, apa impian besar tentang rumah tangga anda? adalah hal-hal penting yang meski dipersiapkan sebelum pernikahan. Untuk mencapai itu semua tentu butuh ilmu, maka belajarlah dari sekarang, persiapkan diri, baca buku dengan tema-tema pernikahan, belajarlah ilmu-ilmu tentang pra-nikah.

Kalau sebuah bangunan “mati” saja untuk membangunnya butuh perencanaan yang matang, kalau sebuah acara untuk satu atau dua hari saja memiliki sebuah proposal yang berisi mulai dari visi dan misi acara, proses, biaya dan hingga hal-hal detail lainnya. Lalu kenapa anda tidak menyusun visi-misi pernikahan yang mungkin akan anda lalui hingga akhir usia. Semoga hal ini menjadi bahan renungan bagi kita semua

sumber gambar : http://www.jantakareporter.com/india/taj-mahal-gets-wifi/4058

 

%d bloggers like this: