Pertanyaan :

Assalamualikum,
Saya ingin bertanya,
Saya punya pacar, dia ingin berhijrah. Tetapi saya sempat melarang karena saya merasa tidak punya siapa” selain dia. Tapi secara perlahan saya menyadari bahwa saya salah. Dan lalu juga ingin berhijrah.  Pertanyaannya adalah bolehkah berhijrah namun tetap pacaran secara berbatas? Maksudnya tidak melaksanakan pertemuan, tidak berlebihan, dan hanya menghubungi via telpon atau media sosial lainnya? apa saja yang dilarang ketika berhijrah? Dan apa boleh saat berhijrah menghubungi dia? Untuk sekedar menyapa atau menanyakan kabar? Atau bahkan berteman dengan baik dalam hal saling mengingatkan untuk beribadah?

Terimakasih

Judul Pertanyaan: hijrah

Jawaban :

hallo Z, alaikumussalaam wrwb

kalau kamu sampai merasa “tidak punya siapa-siapa selain dia”, wew… Allah kamu kemanakan?
ini tandanya hatimu sudah sangat tergantung padanya, dan ini bahaya lho.
kalau sudah ada keinginan untuk hijrah di hatimu, segera pegang kuat-kuat, karena hidayah itu harus dipertahankan dan diupayakan.
mintalah kepada Allah untuk mengokohkan hati, agar hatimu terbuka dan mudah menerima hidayah-Nya.
tidakkah kamu ingin Allah menatapmu dengan penuh kasih sayang dengan kamu berhijrah, begitu pula terhadap pacarmu?
dan apakah kamu rela Allah terus murka kepadamu karena menghalangi pacarmu untuk berhijrah, sampai-sampai kamu merasa tidak punya siapa2 selain dia?
sesungguhnya Allah Maha Pencemburu, dan Dia tidak suka diduakan.

“…Hai umat Muhammad, tidak seorang pun lebih cemburu daripada Allah, bila hambanya, lelaki maupun perempuan, berbuat zina. Hai umat Muhammad, demi Allah, seandainya kalian tahu apa yang kuketahui, tentu kalian banyak menangis dan sedikit tertawa. Ingatlah! Bukankah aku telah menyampaikan”. (Shahih Muslim No.1499)

so, Zidny, berpikirlah dengan matang, gunakan akal sehatmu, dan segera pilih jalan yang akan kamu tempuh untuk keselamatan akhiratmu.
berhijrahlah secara total, dan hentikan pacaran apapun bentuk dan bungkusnya. Tidak ada pacaran dalam Islam kecuali setelah menikah. Kalau kamu memang sudah siap menikah, segerakan saja karena ini lebih menyelamatkan. tapi jika tidak, tahanlah nafsu dengan cara berpuasa dan menyibukkan diri dalam aktivitas positif dan bermanfaat.
Tinggalkan berbagai hal yang bisa mengotori hijrahmu, termasuk berhubungan untuk hal yang sebenarnya tidak perlu-perlu amat. Termasuk bertanya kabar, atau berteman baik dan saling mengingatkan dalam ibadah. Sebab bukankah hal ini bisa saja dilakukan dengan saudara yang sesama jenis, bukan berlainan jenis?
semoga Allah menguatkan ya, dan serin-seringlah berdoa memohon ketetapan hati di atas petunjuk-Nya.

‘Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Diinik’

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”

[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

يا مقــلـب لقــلــوب ثبــت قــلبـــي عــلى طـا عــتـك

‘Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Ta’atik’

Artinya: “Wahai Dzat yg membolak-balikan hati teguhkanlah hatiku diatas ketaatan kepada-Mu”

[HR. Muslim (no. 2654)]
Semangat!
***
picture : https://captainkimo.com/wooden-bridge-forest-trail-portland-maine/
Indra Fathiana

Indra Fathiana

Lulusan Fak. Psikologi UI ini sangat mencintai dunia keluarga, disamping minat lainnya pada dunia pendidikan dan bisnis. Selain fokus mendidik kedua putrinya di rumah, ia aktif menjadi pengurus komunitas ibu muslimah “Mommee”, terlibat dalam program remaja “Sahabatku” bersama sejawat, menyelenggarakan social entrepreneurship project untuk pemuda, serta menulis artikel di sela-sela kesibukannya. Baginya, sukses terbesar seorang wanita adalah saat Allah dan pasangan ridho kepadanya, melahirkan generasi yang gemilang, serta menjadi manfaat bagi semesta.

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

15 + 2 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.