0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Berhijab bagi yang memiliki rambut panjang tentu membutuhkan cara tersendiri. Sebab jika tidak maka hasilnya tidak rapi. Rambut keluar di depan ataupun dibelakang. Kalau rambutnya kelihatan tentu jadinya tidak syar’i lagi kang ? Sebab rambut adalah salah satu aurat wanita yang mesti dijaga.

Nah berikut adalah tutorial berhijab syar’i untuk yang rambut panjang.

1.  Keringkan rambut sesudah keramas

Permasalahan yang sering terjadi bagi yang memiliki rambut panjang saat berhijab adalah setelah keramas. Jika setelah keramas Anda buru-buru ingin bepergian misalnya. Lalu lansung pakai hijab sehingga nanti bisa menyebabkan jilbabnya basah.

Maka perlu diperhatikan sebelum mengenakan hijab pastikan dulu rambutnya sudah benar-benar kering

2. Sisir dan Ikat dan rapi

Setelah rambutnya kering, maka sisir hingga rapi lalu diikat. Kalau rambutnya panjang maka Anda perlu memastikan agar rambutnya benar-benar rapi terlebih dahulu sebelum dipakai hijab. Karena kalau tidak bisa jadi ikatannya mudah lepas akhirnya rambutnya keluar saat mengenakan hijab.

3. Siapkan inner , lalu gulung rambutnya dan masukkan ke dalam innernya

Yang ketiga adalah siapkan inner atau ada juga yang menyebutnya Ciput. Kegunaannya adalah untuk menggulung rambut agar tidak mudah lepas atau keluar. Dengan menggunakan ciput rambut menjadi lebih rapi.

4. Hindari menguncir yang tinggi sebab akan menyerupai punduk unta

Hindari menguncir rambut tinggi sebab ini akan menyerupai punduk unta sementara menyerupai punduk unta adalah sesuatu yang dilarang oleh Rasulullah Saw. Sebagaimana sabda beliau :

“ Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya. Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim), dan peremuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung pada kemaksiatan dan membuat orang lain juga kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali).” (HR. Muslim)

5. Pilih hijab yang lebar

Pilih hijab yang lebar, yang ukurannya lebih panjang dari rambut. Jadi kalau seandainya ikatan rambut terlepas di dalam tentu tidak sampai keluar.

Demikianlah tutorial berhijab syar’i untuk Anda yang memiliki rambut panjang.

%d bloggers like this: