0 Items
+62 823 12 1010 11 [email protected]

Berhijab hukumnya wajib bagi setiap muslimah, dan kewajiban ini berlaku dalam situasi dan kondisi apapun. Termasuk ketika sedang menyusui. Namun sayangnya masih ada beberapa saudara kita yang keliru dalam memahaminya, merasa berhijab tidak begitu wajib saat menyusui. Sehingga tanpa sadar tak sedikit yang menyusi di tempat umum lalu auratnya terbuka. Mungkin ini bukan disengaja tetapi juga karena tuntutan. Misal Anda sedang berada ditempat umum tiba – tiba anak Anda menangis minta disusui. Dalam kondisi darurat seperti ini jika tidak mempersiapkan pakai dan hijab yang bisa digunakan untuk ibu menyusui tentu akan membuat aurat anda terbuka.

Kabar baiknya, artikel elmina.id pekan ini akan mengulas tentang tips berhijab untuk menyusui. Tujuan utamanya tentu adalah agar aurat Anda tetap tertutup dengan sempurna ketika menyusui di tempat umum.

Bagi Ibu muda yang menyusui ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat menyusui agar auratnya tetap tertutup. Yang pertama adalah hijabnya, yang kedua adalah pakaiannya dan yang ketiga adalah tempatnya. Berikut adalah uraiannya.

1. Pilih baju yang berbahan nyaman dan menyerap keringat

Menyusui adalah aktivitas yang membutuhkan energi dan mengurangi kalori. Sehingga aktivitas menyusui akan membuat Anda berkeringat. Agar baju tidak basah dan terlihat keringatan maka pilihlah pakaian yang berbahan nyaman serta menyerap keringat.

2. Pilih baju yang longgar dan memudahkan saat menyusui

Dalam memakai baju juga perlu diperhatikan, Anda mesti bisa memilih baju yang longgar, tidak terlalu ketat dan memiliki kancing atau resleting di bagian dadanya. Sehingga saat menyusui Anda dengan mudah bisa membuka baju bagian depannya.

3. Pilih busana Oversized Blouse

Busana yang oversized blouse adalah busana dengan bagian atas longgar tetapi tetap stylish. Ini sangat cocok untuk ibu menyusui.

4. Pakailah hijab dengan ukuran yang lebih lebar

Pilihlah hijab dengan ukuran lebar

Tujuan memakai hijab dengan ukuran yang lebih lebar adalah agar bisa menutupi bagian dada ketika menyusui bayi, namun tetap bisa tampil stylish dan syari.

5. Hindari memakai hijab dengan banyak jarum pentul

Saat memakai hijab Anda sangat disarankan untuk menghindari memakai pentul banyak dihijabnya agar tidak mengenai bayi anda. Selain bisa menyebabkan bahaya bagi bayi memakai jarum pentul yang banyak juga akan merepotkan anda. Sarannya untuk Anda pilih hijab dengan sedikit jarum pentul misal 1-2 atau pilih hijab instan yang tidak memerlukan jarum pentul dalam memakainya.

6. Pilihlah baju dan hijab dengan warna gelap

Pilihlah hijab dan baju yang berwarna gelap

Membawa bayi tentu tidak memungkiri kalau akan ternodai oleh bayi. Misal terkena gumoh bahkan muntah. Agar noda tersebut tidak terlalu kelihatan maka disarankan para ibu menyusui untuk memakai pakaian dengan warna gelap.

7. Kenakan selendang

Meskipun sudah memakai hijab yang lebar ada baiknya Anda tetap mengenakan selendang. Untuk berjaga – jaga dalam menutupi dada ketika menyusui

8. Jika memungkinkan pilih ruangan khusus menyusui

Saat ini diberbagi tempat umum sudah banyak tersedia ruangan khusus menyusui. Jika Anda berada ditempat umum semisal stasiun, bandara atau mall yang disana ada tempat menyusuinya maka pilihlah menyusui ditempat khusus. Bagaimanapun menyusui di ruangan yang tertutup tentu akan membuat Anda lebih nyaman dalam proses menyusui.

9. Ketika tidak ada ruangan khusus pilihlah tempat duduk yang jauh dari kerumunan laki-laki

Satu hal yang membuat seorang Ibu risih dan kurang nyaman adalah ketika harus menyusui ditengah keramaian yang disana banyak laki-lakinya. Jika ditempat umum dan Anda akan menyusui maka carilah tempat yang agak jauh dari laki-laki.

Itulah beberapa tips berhijab untuk ibu menyusui. Harapannya semoga Anda bisa tetap tampil syar’i, stylish dan tetap nyaman saat menyusui.

%d bloggers like this: