Pertanyaan :

Assalamua’alaikum..wr..wb..

Diusia saya yang menginjak 26 tahun ini belum ada tanda-tanda akan hadirnya jodoh. Ikhtiar dengan mengirimkan cv kepada teman sudah dilakukan, meminta dicarikan keluarga pun sudah namun belum kunjung ada hasilnya, qadarullah. Alhamdulillah orang tua telah meridhoi untuk segera menikah. Bagaimana agar saya bisa melewati ujian ini dengan selalu berkhusnudzan kepada Allah, sabar dan ikhlas? Adakah amalan yg dapatt dilakukan untuk menjemput jodoh? Terimakasih

Jawaban :

Waalaikumsalam..wr..wb..

Dari awal mba sudah memperlihatkan sikap sebagai seorang yang pesimis, dengan mengatakan kalimat “belum ada tanda-tanda akan hadirnya jodoh”. Apakah mba tau tanda-tandanya ? Sepemahan kami, tidak satu pun manusia yang mengetahui dengan pasti tanda-tanda hadirnya jodoh. Banyak yang pacaran sampai 5 tahun misalnya, atau ta’aruf – khitbah – menentukan tanggal pernikahan eh tiba pernikahannya batal. Yang seperti itu banyak.

Yang pertama dilakukan adalah ikhlas menerima apapun ketentuan dari Allah Swt. Jodoh cepat itu ujian mba, jodoh lama juga ujian dan tidak bertemu jodoh sama sekali di dunia juga ujian. Semuanya sama, sama-sama ujian. Yang Allah akan lihat adalah bagaimana sikap kita menjalani ketentuan dari Allah tersebut. Apakah mba bersabar dan menerima dengan ikhlas atau malah mengeluh. Untuk amalan, yang pertama shalat 5 waktunya dibenarkan, kalau sebelumnya suka telat sekarang usahakan di awal waktu. Perbanyak baca Al-qur’an, perbanyak istigfar dan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Dan, berdo’a pada Allah Swt agar diberikan jodoh terbaik menurut Allah. Minta juga do’a pada orang tua, sahabat, orang-orang shaleh dan siapa pun itu. Karena kita tidak pernah tau doa dari bibir siapa yang akan diijabah oleh Allah Swt.

Agus Aribowo

Agus Aribowo

Penulis buku-buku laris  seperti Indahnya Menikah Tanpa Pacaran, Makin Syar’i Makin Cantik dan Jodohmu Dekat, Dia Ada Dalam Dirimu

Kontributor www.elmina-id.com dan www.diarypernikahan.com

Contact[email protected]

Kirim Pertanyaan

Kamu memiliki masalah, unek-unek atau sekedar pertanyaan seputar kemuslimahan? Kirim pertanyaan kamu ke rubrik konsultasi Elmina dan Insyaallah kami akan berusaha menjawab pertanyaan kamu. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk sebelum ditampilkan di rubrik konsultasi.

Form Konsultasi

6 + 10 =

Artikel Menarik Lainnya




comments

Artikel InspiratifMuslimah

Yuk hijrah menjadi seorang muslimah yang lebih baik dengan berlangganan newsletter kami. GRATIS!

Pendaftaran kamu berhasil! Setelah ini, kami akan meberitahukan berbagai artikel terbaru melalui email yang kamu daftarkan.